Kesalahan Saat Tidur Ini Ternyata Bikin Kulit Menua

doktersehat-tidur-lampu-menyala

DokterSehat.Com– Hari yang lelah biasanya dibayar dengan tidur cantik yang panjang dan nyaman. Tapi benarkah ada yang namanya tidur cantik? Apakah rutinitas tidur Anda selama ini sudah bisa disebut sebagai tidur cantik atau sekadar tidur? Kali ini mari kita kupas bagaimana kesalahan yang sering kita lakukan ketika tidur cantik yang bisa mengurangi kecantikan wajah Anda.

1. Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi perut menempel ke kasur, muka menempel di bantal adalah kenyamanan tiada batas. Segala kelelahan rasanya langsung lenyap. Tapi kalau diperhatikan, muka kok jadi terlihat lebih sembap sih? Oh ternyata tidur tengkurap penyebabnya. Dilansir dari Women Health Mag, tidur tengkurap membuat wajah jadi mengendor lebih cepat serta melenyapkan kolagen secara bertahap.

2. Lupa Membersihkan Muka

Sering tidur dengan makeup masih tersisa di muka? Segera hilangkan kebiasaan ini. Membiarkan segala kotoran, keringat dan makeup masih menempel ketika tidur akan jadi penyebab kenapa pori-pori di wajah tersumbat, jerawat bermunculan. Kalau Anda memiliki tipe kulit berminyak, wajah Anda malah akan terlihat sering kusam. Selalu ingat untuk tidur dalam keadaan bersih karena kulit juga butuh istirahat.

3. Pakai Terlalu Banyak Produk Kecantikan

Niatnya sih ingin membuat kulit kinclong, segar, tidak mudah berjerawat dan lain-lain, tapi bukan berarti semua (dan sembarangan) produk kecantikan bisa ANda pakai. Pakai produk yang memang Anda butuhkan dan lihat kandungan apa yang ada di dalamnya. Misalnya, jangan campurkan pemakaian produk dengan kandungan retinol dengan produk berisi benzoyl peroxide. Bukannya keriput dan jerawat yang hilang, kulit malah jadi kering kerontang.

4. Tidak Hobi Minum Air Putih

Air putih sangat penting bahkan untuk kulit. Menurut Purvisha Patel,M.D., dilansir dari Women Health Mag, air menjadi komponen penting untuk kulit dan struktur di bawah kulit. Kalau Anda terhidrasi dengan baik alias minum cukup air, kulit akan kencang dan kenyal. Jadi, selalu minum yang cukup sebelum tidur ya.