Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengolah makanan dengan metode dibakar? Metode membakar makanan memang cukup sering dilakukan atau kita olah sendiri ya. Biasanya pada acara keluarga atau acara kumpul-kumpul malam hari menu makanan yang dibakar menjadi pelengkap suasana. Agar semakin nikmat, maka makanan yang kita bakar juga tentu kita jaga kualitasnya, kan?

3 Kesalahan Saat Membakar yang Harus Dihindari

Membakar makanan memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun kita tentu juga perlu menghindari beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat membakar makanan, apa sajakah itu?

1. Tidak memberi bumbu/memarinasi makanan sebelum membakar

Usahakan untuk memberi cukup banyak bumbu beberapa saat sebelum membakar makanan dan bukan baru memberi bumbu saat makanan sudah dibakar ya.

Memberi bumbu pada bahan makanan mentah sebelum membakarnya efektif mengurangi terbentuknya HCA hingga lebih dari 90%. HCA atau asam heterosiklik adalah senyawa berbahaya yang terbentuk dari pembakaran dan asap pembakaran yang terpapar langsung pada bahan makanan.

2. Tidak menggunakan aluminium saat membakar bahan makanan

Kita dianjurkan menggunakan aluminium sebagai alas untuk membakar bahan makanan, sehingga makanan tidak bersentuhan langsung dengan panggangan dan api. Lubangi beberapa bagian aluminium agar cairan dari bahan makanan dapat mengalir dan tetap mendapatkan efek makanan yang dibakar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Tidak sering membolak-balik bahan makanan

Kita tentu sering membiarkan bahan makanan berada pada satu sisi hingga cukup lama, kan? Hal ini ternyata tidak dianjurkan dilakukan lho, karena kita harus sering membolak-balik bahan makanan. Makanan yang dibiarkan terlalu lama dibakar pada satu sisi akan menyebabkan adanya bagian kehitaman yang bersifat karsinogenik atau penyebab kanker.

Nah, itu dia tiga kesalahan yang harus kita hindari saat membakar bahan makanan. Kini, sebisa mungkin kita hindari tiga hal di atas, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi