Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya memilih bahan makanan yang kita konsumsi, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam memasak makanan. Jika sampai salah dalam mengolahnya, makanan sehat bisa saja berubah menjadi tidak sehat. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam memasak yang masih sering kita lakukan menurut Asia One.

Kesalahan Saat Memasak Ini Masih Sangat Sering Kita Lakukan

  1. Memasak sayur terlalu lama

Memasak sayur terlalu lama membuatnya menjadi layu dan menghilangkan hampir semua nutrisi yang ada di dalamnya. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk memasaknya dalam dalam waktu yang sebentar saja agar tetap bisa mendapatkan nutrisi yang menyehatkan.

  1. Terlalu banyak memakai bumbu

Menambahkan bumbu dalam jumlah yang banyak memang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Sayangnya, beberapa jenis bumbu seperti garam, kaldu ayam, atau kecap bisa membuat kita mengonsumsi sodium dengan berlebihan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi soda dengan berlebihan bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan organ kardiovaskular.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan merica hitam, kunyit, dan kayu manis yang jauh lebih baik bagi kesehatan.

  1. Mengupas kulit buah dan sayuran

Meskipun tujuannya baik, yakni menghilangkan kotoran atau pestisida yang bisa saja menempel pada kulit buah atau sayuran, hal ini ternyata bisa membuat kita kehilangan nutrisi dari makanan sehat terebut. Sebagai contoh, kulit kentang, wortel, labu, mentimun, dan apel kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Pastikan untuk mencucinya hingga bersih agar kita bisa tetap aman mengonsumsinya tanpa perlu mengupasnya.

  1. Tidak mencuci bahan makanan dengan bersih

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Chemical Society menghasilkan fakta bahwa cara terbaik untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayuran adalah dengan mencucinya di dalam air yang telah dicampurkan dengan baking soda.

Sobat Sehat apakah masih sering melakukan kesalahan tersebut?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi