Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyimpan sayur di dalam kulkas tentu merupakan suatu hal yang sangat lumrah dilakukan. Hal ini tidak hanya meningkatkan masa simpan sayuran, namun juga akan menjaga kualitas dan gizi sayuran. Namun sayangnya ada cukup banyak kesalahan sepele yang kerap kita lakukan saat menyimpan sayur dalam kulkas, lho.

Hindari, Ini 3 Kesalahan Fatal Saat Menyimpan Sayur Dalam Kulkas

Kesalahan yang kerap dilakukan ini akan mengganggu kualitas, gizi hingga keamanan sayuran. Untuk itu ketahui apa saja kesalahan yang kerap terjadi saat menyimpan sayuran dalam kulkas, yaitu:

1. Mencuci sayur terlebih dahulu

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa mencuci sayur sebelum menyimpannya akan membuatnya menjadi lebih bersih.

Sayangnya hal ini justru sangat berbahaya karena air yang menempel pada sayur setelah dicuci merupakan media tumbuhnya bakteri yang ada pada sayur.

Jika kita menyimpan sayur yang telah dicuci dalam kulkas maka risiko paparan bakteri saat di kulkas cukup besar sehingga kerusakan pada sayur sangat mungkin terjadi.

2. Memotong-motong sayuran sebelum menyimpannya

Memotong sayuran sebelum menyimpan atau mencucinya merupakan hal yang tidak dianjurkan dilakukan. Hal ini menyebabkan kandungan gizi bisa hilang saat penyimpanan atau larut pada air jika kita mencucinya terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

Sebaiknya selalu simpan sayuran dalam bentuk segar dan utuh tanpa perlu memotongnya ketika akan disimpan dalam kulkas.

3. Tidak menyimpan sayur pada bagian penyimpanan sayur

Tempat penyimpanan sayur yang umumnya ada di bagian bawah kulkas sebaiknya benar-benar Anda manfaatkan untuk wadah penyimpanan sayur ya.

Kelembaban dan sirkulasi udara yang ada pada tempat penyimpanan sayur pada kulkas telah dirancang khusus untuk menjaga kualitas dan kesegaran sayur atau buah. Menyimpan sayur tidak pada bagian penyimpannya akan meningkatkan risiko sayur layu dan mudah rusak.

Dengan menghindari tiga hal di atas maka manfaat dari penyimpanan sayurakan kita rasakan dengan optimal, ‘kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi