Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menggunakan pelembap memang penting untuk menjaga kondisi kulit wajah. Namun, tidak sedikit wanita yang ternyata melakukan kesalahan saat memakainya. Akibatnya, pemakiannya jadi tidak optiman dan sering malah menimbulkan masalah.Kesalahan dalam menggunakan pelembap yang mana yang pernah Anda lakukan? Berikut penjelasannya.

Kesalahan Menggunakan Pelembap yang Sering Dilakukan

Photo Credit: pexels.com

1. Menggunakan Pelembap pada Saat Kulit Kering

Kesalahan pertama dalam menggunakan pelembap, yang umum dilakukan adalah langsung mengaplikasikannya pada kulit yang kering. Padahal, waktu yang tepat untuk menggunakan pelembap adalah saat Anda selesai mandi atau membersihkan badan. Untuk membantu penyerapan pelembap, kulit harus dalam keadaan sedikit basah. Saat kulit dalam keadaan lembap atau sedikit basah, pori-pori terbuka. Hal ini yang membuat kandungan dalam pelembap dapat terserap sempurna oleh kulit.

2. Tidak Menggunakan Pelembap Karena Kulit Berminyak

Kesalahan dalam menggunakan pelembap, bisa juga berbentuk anggapan, salah satunya anggapan bahwa kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap. Sebagian besar beranggapan bahwa menggunakan pelembap dapat membuat kulit semakin berminyak. Padahal, pelembap dibutuhkan oleh segala jenis kulit. Hanya, untuk kulit berminyak, Anda bisa memilih pelembap dengan kandungan minyak yang tidak terlalu banyak. Piihlah pelembap yang ringan dengan berbahan dasar air.

3. Tidak Menggunakan Pelembap dengan Konsisten

Mendapatkan kulit yang sehat, dibutuhkan konsisten dan disiplin. Termasuk menggunakan pelembap. Jadi, bila Anda tidak konsisten menggunakan pelembap dan merasa baik-baik saja, Anda salah. Kulit butuh terhidrasi sepanjang waktu, karena itu, pelembap dibutuhkan dalam keadaan bagaimanapun. Setidaknya, gunakan pelembap satu kali dalam sehari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Menggunakan Pelembap Sebagai Krim Mata

Kesalahan lain dalam menggunakan pelembap adalah, sekaligus menggunakannya sebagai krim mata. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, kulit di sekitar mata sangat halus, sehingga membutuhkan produk dengan formula khusus. Pelembap Anda yang mengandung wewangian, bisa menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar mata. Khusus untuk bagian mata, sebaiknya gunakan krim khusus.

5. Tidak Memperhatikan Kandungan dalam Pelembap

Seringnya, kandungan pelembap tidak begitu diperhatikan. Padahal, ada bahan-bahan tertentu yang sangat baik sebagai komponen pelembap; yaitu, kandungan minyak kelapa, shea butter, olive oil atau aloe vera.

6. Langsung Menggunakan Foundation

Biarkan pelembap menyerap pada kulit terlebih dahulu, baru aplikasikan foundation Anda. Ini dapat membuat riasan menjadi lebih merata. Beri jeda waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit sampai pelembap menyerap dalam kulit, baru setelah itu aplikasikan foundation dan make up Anda.

Kesalahan dalam menggunakan pelembap ini, semoga tidak lagi diulangi agar pelembap dapat lebih terasa manfaatnya untuk kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi