Ternyata Ini 7 Kesalahan Nge-Gym yang Bikin Latihanmu Jadi Sia-Sia!

gym-doktersehat

DokterSehat.Com – Sudah latihan di gym dalam waktu yang lama tapi tidak juga merasakan hasilnya? Umumnya orang mengikuti program fitnes dengan tujuan untuk menurunkan berat badan dan juga membentuk otot. Tapi tentunya tujuan tersebut tidak dapat dicapai secara instan. Diperlukan waktu dan kemauan yang keras untuk dapat mencapainya.

Namun jika Anda sudah melakukan latihan di gym cukup lama dan tidak juga mendapatkan hasil, maka Anda perlu curiga. Hal ini mungkin terjadi akibat kesalahan gym yang tanpa sadar Anda lakukan. Kenali 7 kesalahan gym berikut ini supaya Anda bisa memperbaikinya!

Makan Sembarangan Setelah atau Sebelum Gym

Harus diakui bahwa banyak sekali orang yang melakukan program fitnes, namun tidak membarenginya dengan pola makan yang benar. Apakah Anda salah satunya? Sebagian orang menjadikan momen makan enak setelah gym sebagai hadiah bagi diri sendiri karena telah berolahraga. Sebagian lagi berpikir makan banyak sebelum gym tidak menjadi masalah karena lemaknya nanti akan dibakar juga.

Kedua kesalahan fitnes ini sungguh keliru dan membuat latihan Anda sia-sia. Ketika melakukan program fitnes, menjaga asupan makanan menjadi hal yang sangat penting. Jika Anda selalu ‘kalap’ setiap sebelum dan sehabis gym, ada kemungkinan jika kalori yang masuk ke tubuh tidak akan terbakar semua dan justru menjadi timbunan lemak di tubuh Anda.

Terlalu Banyak Kardio, Tapi Tidak Angkat Beban

Kesalahan gym yang paling umum terjadi selanjutnya adalah tidak seimbangnya latihan kardio dan juga angkat beban. Banyak orang yang merasa ingin fokus hanya untuk menurunkan berat badan dan hanya memilih latihan kardio terus-menerus. Padahal latihan angkat beban juga memiliki banyak manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan dari hanya latihan kardio saja.

Latihan angkat beban bermanfaat untuk membentuk, mengencangkan, dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Latihan kardio tanpa angkat beban memang bisa menurunkan berat badan, tapi sampai kapanpun Anda tidak akan bisa mewujudkan bentuk tubuh impian Anda.

Berlatih Terlalu Keras

Berlatih di gym bisa membuat sebagian orang ‘ketagihan’. Tapi jangan beranggapan bahwa semakin keras Anda berlatih maka semakin cepat tujuan Anda tercapai. Tubuh manusia memiliki batas toleransinya sendiri, jika terlalu memaksakan diri, Anda bisa mengalami cedera dan overtraining syndrome.

Usahakan selalu mengambil jeda selama satu minggu setelah melakukan latihan intensif selama 8 minggu. Lalu, jika Anda melakukan latihan fitnes setiap hari, jangan melatih bagian otot yang sama setiap hari, karena otot membutuhkan waktu kurang lebih 48 jam untuk istirahat setelah melakukan latihan intensif.

Pola Latihan yang Monoton

Program fitnes adalah program berkelanjutan. Jika Anda melakukan pola latihan yang sama selama berbulan-bulan, maka latihan tersebut tidak akan memberikan efek yang berarti lagi pada tubuh Anda. Pola latihan yang berulang juga memungkinkan Anda merasa bosan.

Cobalah untuk memodifikasi latihan Anda setiap beberapa minggu sekali. Selain memodifikasi pola latihan, Anda juga harus menambahkan set dan reps untuk setiap latihan agar tubuh Anda mengalami peningkatan.

baca juga : Kesalahan yang Sering Dilakukan Setelah Olahraga

Pergi ke Gym Tanpa Tujuan yang Jelas

Hal yang lebih buruk dari melakukan latihan yang monoton adalah pergi ke gym tanpa tujuan yang jelas. Kesalahan fitnes yang satu ini banyak terjadi dan membuat latihan Anda jadi kurang efektif. Jika menginginkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan latihan secara rutin dan menyusun program latiahan sejak awal. Anda bisa meminta bantuan personal trainer untuk menyusun program latihan fitnes Anda.

Tidak Mengatur Waktu dengan Baik

Tidak mengatur waktu dengan baik bisa menjadi sebuah kesalahan gym yang membuat latiahn Anda jadi kurang efisien. Menghabiskan waktu yang lama di gym belum baik untuk latihan Anda.

Lebih baik jika Anda mengatur waktu untuk setiap latihan dan memastikan untuk tidak mengambil waktu yang terlalu panjang untuk setiap jeda latihan. Percayalah, tidak ada keuntungan yang akan Anda dapatkan dari membuang-buang wakti.

Tidak Melakukan Pemanasan

Kesalahan gym yang sering terjadi selanjutnya adalah mengabaikan pemanasan. Seberapapun singkatnya waktu Anda, pemanasan menjadi hal yang sangat penting. Tujuan dari pemanasan adalah untuk menaikkan detak jantung dan melancarkan aliran darah ke otot, tubuh Anda pun akan lebih siap untuk menuju latihan yang lebih berat.

Tanpa melakukan pemanasan, kemungkinan Anda terkena cedera akan meningkat. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu, lebih baik mengurangi satu set dari setiap gerakan agar Anda memiliki cukup waktu untuk melakukan pemanasan.

Apakah Anda termasuk ke dalam orang-orang yang sering melakukan berbagai kesalahan gym di atas? Jika iya, sebaiknya segera perbaiki kebiasaan Anda agar segera dapat mencapai tujuan yang Anda inginkan!