Inilah Beberapa Kesalahan Olahraga yang Buat Tubuh Makin Melar

kesalahan-fitnes-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Ketika memutuskan untuk menekuni olahraga, tentu saja setiap orang punya tujuan masing-masing. Sebab, olahraga tak hanya bisa menjaga kebugaran dan kesehatan saja, tapi masih ada manfaat lain yang akan didapatkan. Salah satu alasan seseorang menjadi pegiat olahraga adalah untuk menurunkan berat badan.

Alasan yang satu ini memang cukup banyak digunakan oleh orang yang berolahraga, namun yang mendominasi adalah kaum hawa. Sebab, bagaimanapun juga memiliki tubuh yang langsing adalah impian bagi setiap wanita. Dengan tubuh yang langsing dan anti lemak, mereka akan lebih percaya diri karena merasa penampilan semakin membaik.

Namun, sayangnya tidak semua berhasil mendapatkan bentuk tubuh impian ketika rutin berolahraga. Alih-alih melangsingkan tubuh, justru sebagian wanita malah mendapatkan tubuhnya melar akibat olahraga. Hal tersebut dikarenakan mereka melakukan beberapa kesalahan yang tidak disadari. Apa saja kesalahan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Olahraga Pagi Hari dengan Perut Kosong

Begitu banyak wanita yang rela melewatkan sarapan hanya untuk melangsingkan tubuhnya. Hal itu juga dilakukan ketika mereka hendak berolahraga. Padahal, tindakan itu adalah sebuah tindakan konyol yang justru bisa membuat tubuh melar. Sebab, olahraga tanpa sarapan terlebih dahulu malah bisa membuat nafsu makan menjadi gila. Setelahnya, Anda akan menjadi sangat rakus dan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sehingga latihan itu percuma dan seakan sia-sia.

2. Terlalu Lama Olahraga

Olahraga memang penting, tapi Anda juga harus tahu batas waktu normalnya. Anda tidak bisa memforsir tubuh hanya karena obsesi ingin kurus. Sebab, latihan yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi sangat letih sehingga bisa memicu kenaikan nafsu makan yang drastis. Selain itu, berlatih terlalu keras juga bisa berisiko menyebabkan cedera otot pada beberapa bagian tubuh. Tentunya risiko itu cukup mengkhawatirkan.

3. Terlalu Banyak Istirahat

Memang benar, dalam satu sesi olahraga Anda harus memberi jeda istirahat pada tubuh. Namun, pastikan waktu istirahat itu tidak terlalu lama. Cukuplah beberapa saat saja untuk menstabilkan kembali irama jantung. Sebab, jika terlalu lama justru membuat lemak dan kalori tidak bisa terbakar secara sempurna.