Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun bisa membuat penderitanya mengalami gangguan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetap saja asam urat cenderung masih disepelekan oleh banyak orang. Hal ini membuat penderitanya rentan terkena gejala dari penyakit yang memicu rasa nyeri pada persendian ini.

Kesalahan Fatal Ini Sering Dilakukan Penderita Asam Urat

Tak hanya masih menerapkan pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin, kesalahan fatal yang paling sering dilakukan oleh penderita asam urat adalah malas mengonsumsi obat asam urat secara rutin. Kebanyakan penderita asam urat hanya akan mengonsumsinya saat gejalanya muncul. Setelah rasa nyeri yang merepotkan ini hilang, obat ini kemudian dilupakan kembali.

Padahal, menurut pakar kesehatan, obat ini harus dikonsumsi secara rutin. Mau tidak mau penderita asam urat harus selalu minum obat demi memastikan kadar asam urat di dalam tubuhnya tetap berada di bawah angka 6. Jika sampai tidak melakukannya, kadar asam urat akan menjadi tidak terkendali dan membuatnya menjadi lebih parah.

Hal lain yang harus dilakukan oleh penderita asam urat demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini pada tubuhnya adalah mempertahankan berat badannya tetap ideal, menjaga tekanan darahnya tetap normal, dan sebisa mungkin menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Mitos bahwa beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam memiliki kandungan asam urat tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi ternyata tidak benar adanya. Sayuran ini justru sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi. Sementara itu, makanan seperti daging merah, makanan laut, jeroan, dan minuman kaya fruktosa harus dihindari demi mencegah kekambuhan penyakit ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi