Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Untuk memiliki tubuh sehat, tentunya kita harus menerapkan pola hidup sehat pula, salah satunya adalah diet. Diet yang dipilih pun haruslah diet sehat dan tidak boleh sembarangan. Yang dimaksud dengan diet sehat adalah dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin. Selain itu, juga harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, misalnya seperti mengurangi makanan yang berkalori tinggi.

Hal yang Sering Disalah Artikan Sebagai Diet Sehat

Akan tetapi, ada beberapa hal yang seringkali dianggap sebagai diet sehat. Padahal, sebenarnya hal tersebut justru dapat menambah berat badan. Apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

1. Mengurangi Jumlah Asupan Karbohidrat

Karbohidrat kerap dianggap sebagai penyebab utama kenaikan berat badan. Maka tak heran jika banyak orang yang menghindari karbohidrat. Biasanya mereka akan melakukannya dengan cara diet karbo atau diet yang mengharuskan Anda tidak mengonsumsi karbohidrat. Walaupun diet karbo menjadi pilihan utama, nyatanya diet ini tidaklah efektif dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, jika Anda mengurangi atau tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka tubuh Anda akan menjadi lemas. Tidak hanya itu, keinginan untuk menyantap makanan ringanpun tidak dapat dihindari. Dengan demikian, berat badan Anda akan mengalami kenaikan.

2. Minum Susu Rendah Lemak

Banyak orang yang menganggap bahwa minum susu bisa membuat tubuh menjadi gemuk karena mengandung lemak yang tinggi. Seperti yang Anda tahu bahwa lemak seringkali dikatakan sebagai penyebab kenaikan berat badan. Oleh karenanya, tidak sedikit yang memilih untuk mengonsumsi rendah lemak yang dipercaya aman dan tidak menimbulkan kenaikan berat badan. Padahal, susu rendah lemak memiliki kandungan gula tinggi yang juga dapat menjadi pemicu kenaikan berat badan.

3. Olahraga Terlalu Berlebihan

Olahraga sangat membantu program diet yang Anda jalani. Dengan berolahraga, maka dapat membantu meningkatkan massa otot yang nantinya akan digunakan dalam proses pembakaran lemak dan kalori. Namun, jika Anda berolahraga terlalu keras dan berlebihan dalam suatu waktu dan tidak melakukannya secara rutin, maka hal tersebut tidaklah benar dan bisa membuat berat badan Anda semakin naik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi