3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan Pelembap Wajah

doktersehat-cuci-muka-wanita-wajah-karbunkel-bisul-besar-1024

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kecantikan wajah, para wanita rela menghabiskan waktu dan uang mereka hanya untuk melakukan perawatan. Umumnya, meraka akan melakukan perawatan di pusat kecantikan atau hanya sekedar menggunakan produk kecantikan di rumah, seperti pelembap.

Pelembap menjadi salah satu produk perawatan kecantikan yang digunakan setiap hari. Gunanya adalah untuk membuat kulit menjadi lembap, tidak kering, halus, kenyal dan sehat. Akan tetapi, masih banyak wanita yang salah dalam menggunakan pelembap. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kesalahan tersebut:

1. Tidak Melakukan Tes Kulit Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan pelembap, sebaiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah pelembap tersebut cocok di kulit Anda atau tidak. Jika produk tersebut tidak cocok di kulit Anda, maka kulit Anda akan mengalami iritasi. Selain itu, juga bisa menutup pori-pori yang akhirnya menyebabkan alergi, bruntusan, hingga jerawat. Oleh sebab itu, lakukan pengetesan terhadap produk tersebut selama kurang lebih satu minggu. Jika selama satu minggu tidak menimbulkan efek buruk yang berarti, Anda bisa menggunakannya.

2. Mengeringkan Wajah Sebelum Mengaplikasikan Pelembap

Biasanya, ritual sebelum menggunakan pelembap adalah mencuci wajah terlebih dahulu. Seringkali setelah mencuci wajah, Anda akan mengeringkannya terlebih dahulu lalu menggunakan pelembap. Padahal, cara tersebut tidak benar. Sebab, pelembap akan bekerja secara efektif pada kulit yang masih basah karena mampu meresap sempurna dan bisa tahan lebih lama. Oleh sebab itu, jangan menunggu beberapa menit atau beberapa jam setelah mencuci wajah, kemudian menggunakan pelembap. Karena kebiasaan tersebut justru dapat merusak kulit Anda.

3. Menggosoknya Terlau Keras

Dalam mengaplikasikan pelembap, Anda tidak dianjurkan untuk menggosoknya terlalu keras. Sebab, menggosok terlalu keras dapat menyebabkan overeksfoliasi dan juga dapat melemahkan perlindungan kulit yang bisa menyebabkan peradangan. Sebaiknya, Anda menggosok secara lembut seperti sedang melakukan pijatan pada wajah. Hal ini dikarenakan pijatan ringan akan melancarkan sirkulasi darah dan membantu pelembap tersebut meresap ke dalam kulit.