Terbit: 4 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan kerupuk? Lauk yang renyah ini bisa membuat sesi makan menjadi semakin terasa mantap. Hanya saja, dibalik kenikmatan yang ditawarkan kerupuk, ada banyak sekali bahaya kesehatan yang mengintai jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan.

Kerupuk Bisa Bikin Hipertensi?

Salah satu dampak utama yang bisa didapatkan jika kita terlalu sering mengonsumsi kerupuk adalah meningkatnya risiko terkena hipertensi. Hal ini disebabkan oleh adanya taburan garam serta bumbu penyedap dalam jumlah yang tinggi. Karena adanya bumbu-bumbu inilah kerupuk memiliki rasa yang nikmat. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi garam dengan berlebihan bisa menyebabkan efek buruk bagi tekanan darah tubuh. Karena alasan inilah, jika kita ingin menccegah datangnya hipertensi, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari atau menurunkan frekuensi mengonsumsi kerupuk.

Sering mengonsumsi kerupuk juga bisa menyebabkan obesitas. Hal ini disebabkan oleh kerupuk yang digoreng dengan menggunakan minyak yang kaya akan kalori dan lemak. Padahal, kita sering mengonsumsi kerupuk sebagai lauk atau camilan.

Kerupuk juga termasuk dalam makanan yang cenderung sulit untuk dicerna perut karena memiliki kandungan minyak yang tinggi. Bahkan, pakar kesehatan menyebut risiko terkena gagal ginjal meningkat jika kita terlalu sering mengonsumsinya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi kerupuk dengan berlebihan. Sesekali mengonsumsinya dalam seminggu masih dianggap aman bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, pastikan untuk memilih kerupuk yang tidak ditambahi dengan bahan pewarna kimia atau kerupuk yang diolah dengan menggunakan pasir, bukannya minyak yang tentu jauh lebih aman untuk dikonsumsi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi