Terbit: 26 Agustus 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Kertas minyak wajah dapat menjadi solusi instan wajah berminyak. Siapa yang tidak risih dengan wajah berminyak? Selain bisa membuat wajah terkesan kusam, minyak berlebih di wajah juga dapat mengganggu riasan wajah yang kita pakai. Sebagian orang bahkan menganggap kertas yang satu ini sebagai benda wajib yang harus dibawa.

Kertas Minyak Wajah, Solusi Wajah Berminyak? Begini Cara Pakai yang Benar!

Apa Itu Kertas Minyak Wajah atau Blotting Paper?

Blotting paper adalah jenis kertas yang memiliki daya serap tinggi. Dalam bidang kosmetik, blotting paper atau terkadang disebut face paper merupakan kertas yang memiliki daya serap tinggi terhadap sebum atau minyak alami di muka Anda.

Kertas ini bekerja spesifik menyerap minyak pada wajah dan biasanya tidak menyerap cairan lain pada wajah seperti keringat. Kemampuan blotting paper yang sangat ampuh menyerap minyak ini membuat kertas minyak wajah banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan kilap di wajah dalam sekejap.

Blotting paper sering kali dilapisi dengan asam salisilat atau zat lain yang dipercaya juga dapat menjadi solusi untuk wajah berjerawat.

Selain hasil yang menakjubkan, hal lain yang membuat banyak wanita menyukai kertas ini adalah karena ukurannya kecil dan tidak memakan tempat sehingga sangat praktis untuk dibawa kemanapun.

Fungsi Kertas Minyak untuk Wajah

Secara umum fungsi kertas minyak untuk wajah adalah tentunya untuk mengatasi produksi minyak di wajah. Pada penerapannya, ternyata benda ajaib satu ini punya lebih banyak manfaat. Berikut ini berbagai fungsi kertas minyak wajah:

1. Membantu dalam Aplikasi Make Up

Fungsi kertas minyak untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu dalam pengaplikasian make up.

Blotting paper biasanya digunakan setelah penggunaan make up dasar seperti tabir surya atau produk lain yang berbasis krim atau cair karena produk ini sering kali menyebabkan minyak di wajah. Setelah menggunakan kertas ini, baru lah Anda dapat mengaplikasikan make up tanpa khawatir terganggu oleh minyak di muka.

2. Menciptakan Kesan Matte pada Bibir

Ingin kesan bibir yang matte? Meskipun sudah menggunakan lipstik matte, terkadang efek matte pada bibir tidak maksimal.

Setelah mengaplikasikan lipstik, tunggu beberapa saat untuk kemudian menggunakan kertas minyak wajah pada bagian bibir. Selain akan memberikan kesan matte, penggunaan blotting paper juga dipercaya dapat membuat lipstik tahan lebih lama.

3. Menghilangkan Kilap di Wajah

Sulit untuk membedakan antara wajah glowing dan wajah berminyak?

Caranya mudah, penggunaan kertas minyak wajah dapat membuktikan apakah muka Anda glowing atau berminyak. Blotting paper dapat Anda gunakan kapan saja setiap Anda merasa kilap di wajah telah berlebihan. Tidak perlu khawatir, karena kertas ini tidak akan merusak riasan di wajah Anda.

4. Touch Up Menjadi Lebih Mudah

Melakukan touch up dengan keadaan wajah berminyak mungkin justru dapat semakin merusak riasan.

Sebelum melakukan touch up, pastikan Anda menyingkirkan minyak di wajah menggunakan blotting paper. Sering kali kertas ini dapat memperbaiki tampilan make up bahkan tanpa Anda melakukan touch up.

5. Bisa Mengatasi Rambut Lepek

Selain wajah berminyak, rambut lepek juga dapat menjadi masalah serius bagi para wanita. Jika tidak dapat menemukan dry shampoo, Anda dapat mencoba menggunakan blotting paper untuk menyerap minyak di rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: 13 Masker untuk Kulit Berminyak Paling Aman dan Praktis!

Cara Mengggunakan Kertas Minyak Wajah

Cara menggunakan kertas minyak wajah sebenarnya sangat mudah. Perlu diperhatikan apabila penggunaannya salah, mungkin akan memberikan efek negatif pada wajah. Berikut adalah cara menggunakan yang perlu Anda perhatikan:

  • Ambil satu lembar kertas, tempelkan pada bagian yang berminyak (biasanya minyak paling banyak muncul di bagian T zone yang meliputi hidung, dahi, dan dagu).
  • Biarkan kertas minyak di bagian yang berminyak selama beberapa detik. Anda dapat sesekali menepuk pelan kertas ke wajah, tapi usahakan untuk tidak menggosokkan kertas ke wajah.
  • Minyak yang terserap ke kertas akan ditandai dengan kertas yang berubah menjadi lebih transparan. Setelah selesai di satu bagian, lanjutkan di bagian wajah yang lain.
  • Hindari menempelkan bagian blotting paper yang telah berminyak ke bagian wajah lain karena hal tersebut hanya akan membuat minyak berpindah dari satu bagian ke bagian wajah lain.
  • Segera buang kertas yang telah digunakan.

Apakah Kertas Minyak Bisa Jadi Solusi Wajah Berminyak?

Kertas penyerap minyak memang dapat dikatakan sebagai solusi muka berminyak, namun solusi ini bukan merupakan solusi permanen.

Penggunaan kertas ini hanya akan menghilangkan minyak secara instan, namun tidak dapat mengatasi penyebab dari produksi minyak berlebih pada muka. Jika Anda mengalami masalah minyak wajah yang serius dan cukup mengganggu, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya.

Produksi minyak berlebih di wajah dapat disebabkan beberapa hal seperti penggunaan produk kosmetik yang salah, pola makan, faktor keturunan, faktor hormonal, hingga stres. Setelah mengetahui penyebab kulit berminyak yang dialami, Anda dapat mencari cara mengatasi yang sesuai.

Jangan lupa perhatikan cara menggunakan blotting paper yang benar. Gunakan blotting paper sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan berlebihan dapat menghilangkan minyak alami wajah, sehingga mungkin produksi minyak di wajah akan lebih banyak.

Cara menggunakan yang salah seperti menggosokkan kertas ini secara kasar ke wajah juga dapat berpotensi membuat kulit wajah iritasi. Oleh karena itu, gunakan kertas minyak wajah ini dengan bijak, ya!

 

  1. Ahmed, Khubi Amin. 2018. REASONS WHY YOU NEED BLOTTING PAPER IN YOUR KITTY NOW. https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/skin-type/3-reasons-why-you-need-blotting-paper-in-your-kitty-now. (Diakses 26 Agustus 2019).
  2. Lapidos, Rachel. 2018. DEAR DERM: ARE OIL BLOTTING SHEETS GOOD OR BAD FOR MY SKIN?. https://www.wellandgood.com/good-looks/oil-blotting-papers-dermatologist-advice/. (Diakses 26 Agustus 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi