Keripik Kentang Bisa Picu Kanker?

DokterSehat.Com– Keripik kentang biasanya dianggap sebagai makanan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal, dalam realitanya, keripik kentang yang bisa dengan mudah ditemukan di dalam pasar swalayan atau toko-toko dekat rumah ini juga bisa menyebabkan dampak kesehatan yang jauh lebih buruk.

Dikutip dari Daily Health Post, sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak dari kebiasaan mengonsumsi keripik kentang dengan berlebihan. Hasilnya adalah, di dalam keripik kentang kemasan ternyata kaya akan kandungan akrilamida, salah satu bahan yang bisa menyebabkan datangnya kanker.

Sebenarnya, akrilamida adalah senyawa organik yang berbentuk mirip seperti kristal dengan warna putih dan tidak berbau. Saat berada di dalam suhu ruangan, akrilamida bisa melebur ke dalam air, etanol, serta klorofom. Hanya saja, jika kita memanaskan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti di atas 100 derajat Celcius, maka akrilamida ini akan muncul.

Jika kita memasak kentang di suhu yang tinggi, sebenarnya kita juga memproduksi senyawa ini. Hanya saja, jumlahnya tidak banyak dan masih aman bagi kesehatan. Hal yang berbeda terjadi pada saat proses pengolahan keripik kentang atau French fries. Kandungan akrilamida yang diproduksi sangatlah banyak dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebagai informasi, dalam penelitian yang dilakukan oleh HEATOX, disebutkan bahwa di dalam keripik kentang kemasan bisa jadi memiliki kandungan akrilamida hingga 39 kali lebih banyak dari batas aman. Tingginya kandungan akrilamida inilah yang kemudian bisa menyebabkan datangnya kanker.

Sebenarnya, di dalam keripik kentang kemasan tidak hanya mengandung akrilamida, melainkan juga berbagai zat lain. Menurut penelitian ini, 52 diantaranya bahkan termasuk dalam kandungan berbahaya yang bisa memicu kanker.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menurunkan kebiasaaan mengonsumsi keripik kentang dan makanan olahan atau kemasan lainnya. Akan jauh lebih baik untuk memasak camilan sendiri seperti kentang goreng yang tentu jauh lebih aman bagi kondisi kesehatan kita. Selain itu, selalu pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker.