Cara Hentikan Keringat Berlebih pada Pria Pasca Olahraga

doktesehat pria sering berkeringat
Photo Credit: netdoctor

DokterSehat.Com – Setelah olahraga, tubuh pria akan mengeluarkan keringat yang banyak. Bahkan, keringat yang keluar bisa menyebabkan baju jadi basah. Keringat ini biasanya akan terus keluar bahkan saat pria sudah selesai olahraga. Parahnya lagi, pria yang sudah mandi pun kerap masih berkeringat sehingga tubuh jadi bau tidak sedap.

Nah, untuk mengatasi kondisi yang membuat tubuh selalu lembap dan akhirnya kotor ini ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pria, berikut selengkapnya.

  1. Lepas pakaian dan keringkan dengan handuk

Keringat yang terlalu menumpuk di tubuh menyebabkan suhu jadi naik dan juga lembap. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa menit kalau Anda tidak segera mengeringkannya. Kalau tubuh terus basah dan berada di ruangan yang cukup dingin, Anda bisa masuk angin dalam beberapa jam kemudian.

Lebih baik langsung lepas pakaian bagian atas lalu keringkan dengan handuk. Setelah kering dan tidak ada keringat yang keluar, segera mandi dengan air dingin.

  1. Gunakan shower air dingin

Dilansir dari Men’s Health UK, air yang digunakan untuk mandi hendaknya air dingin atau suhu airnya berada di bawah suhu tubuh. Dengan suhu air yang lebih dingin ini, suhu tubuh akan perlahan menurun dan metabolisme bisa diperlambat sehingga keringat tidak akan keluar lagi.

  1. Pakai pakaian yang longgar

Setelah mandi coba pakai pakaian yang longgar terlebih dahulu. Beri kesempatan pada kulit di tubuh untuk bernapas lega sehingga keringat tidak keluar lagi.

  1. Jangan langsung makan besar

Jangan langsung makan besar karena bisa memicu kenaikan metabolisme dan tubuh jadi berkeringat. Lebih baik minum air putih dahulu atau susu cokelat sebelum akhirnya makan 1-2 jam setelah latihan selesai.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang sering berkeringat pasca olahraga.