Kerap Minum Susu Bisa Membersihkan Paru-Paru?

doktersehat-susu

DokterSehat.Com– Ada sebuah hal yang dipercaya oleh masyarakat dimana kerap mengkonsumsi susu disebut-sebut bisa membuat paru-paru dan saluran pernafasan menjadi lebih bersih dan sehat. Menurut kepercayaan ini, setelah minum susu, maka akan tercipta lendir pada saluran pernafasan yang akan membantu membersihkannya dengan mekanisme yang mirip seperti saat kita sakit batuk. Sebenarnya, apakah memang minum susu bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu memang termasuk dalam minuman yang sangat baik untuk kita konsumsi secara rutin mengingat banyaknya nutrisi yang ada dalam minuman ini. Sebagai contoh, susu kaya akan kandungan kalsium yang akan mendukung kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Hanya saja, untuk anggapan bahwa susu bisa membersihkan paru-paru atau saluran pernafasan, hal ini ternyata tidak benar adanya.

Jika kita ingin menjaga kesehatan organ paru-paru dan saluran pernafasan, mau tidak mau kita harus menghindari asap rokok yang berarti tidak boleh menjadi perokok aktif maupun perokok pasif. Sebagaimana kita ketahui, asap rokok memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru, jantung, ginjal, otak, dan organ penting lainnya. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga sebaik mungkin mencegah paparan buruk dari polusi udara yang memang cukup banyak jika kita sedang berada di luar rumah. Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ pernafasan adalah dengan rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mendukung fakta bahwa meminum susu akan membuat paru-paru menjadi lebih bersih. Hanya saja, bukan berarti kemudian kita malas untuk minum susu. Minuman ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kok.