Kerap Minum Obat Ini Bisa Memicu Gangguan Pendengaran

doktersehat-obat-minum-pneumonia

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika di seluruh dunia ini setidaknya ada 360 juta orang yang mengalami gangguan pendengaran? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab dari masalah gangguan pendengaran kini tidak selalu karena faktor bertambahnya usia, namun juga karena kebiasaan mendengarkan musik dengan headset yang volumenya sangat kencang atau mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu terlalu sering.

Tanpa kita sadari, beberapa jenis obat yang kita konsumsi ternyata bisa memicu penurunan kemampuan pendengaran dengan signifikan. Pada awalnya, kita akan mengalami gejala berupa telinga yang sering berdenging, munculnya vertigo, dan akhirnya semakin menurunnya pendengaran atau bahkan akhirnya menjadi tuli. Kandungan obat tertentu memang bisa mempengaruhi organ dalam telinga yang berperan dalam menerima atau mengolah suara yang akan dikirimkan ke dalam otak. Berikut adalah beberapa jenis obat yang bisa memicu gangguan pendengaran jika terlalu sering dikonsumsi.

Obat pereda nyeri
Beberapa jenis obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, atau diklinefak jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu gangguan pendengaran. Sebagai contoh, jika kita minum aspirin sampai 8 atau 12 butir setiap hari, maka pendengaran kita bisa rusak dengan cepat.

Obat antibiotik
Meskipun sangat berguna untuk melawan infeksi bakteri, konsumsi beberapa jenis antibiotik seperti aminoglycoside, vancomycin, streptomycin, dan erythromycin bisa memicu gangguan pendengaran.

Obat diuretik
Beberapa jenis obat diuretik yang dikonsumsi penderita masalah ginjal, tekanan darah tinggi, atau gangguan jantung layaknya furosemide, bumetanide, ethacrynic acid bisa memicu gangguan pendengaran jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Obat kemoterapi
Obat yang diperuntukkan bagi penderita kanker ini bisa saja memicu gangguan pendengaran.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita selalu berkonsultasi pada dokter setiap kali membutuhkan obat untuk mengatasi penyakit tertentu demi menghindari efek samping dari obat-obatan tersebut, khususnya bagi pendengaran kita.