Kerap Menjadi Perokok Pasif, Lakukan Hal Ini Untuk Membersihkan Paru-Paru

doktersehat-rokok-pasif-bahaya-paru

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika merokok sangatlah tidak sehat dan bisa memicu datangnya penyakit. Yang menjadi masalah adalah, meskipun kita tidak merokok, lingkungan tempat kita beraktifitas seringkali dipenuhi oleh orang-orang yang merokok sehingga akhirnya kita pun menjadi perokok pasif. Padahal, menjadi perokok pasif sama berbahayanya dengan menjadi perokok aktif. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa para perokok pasif bisa melakukan beberapa hal ini untuk membersihkan paru-parunya.

Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan
Makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti apel sangatlah direkomendasikan bagi mereka yang menjadi perokok pasif karena bisa membantu meningkatkan kinerja paru-paru dengan signifikan. Konsumsilah 5 butir apel dalam seminggu dan rasakan manfaat sehat buah ini bagi organ pernafasan kita.

Mengkonsumsi jeruk nipis
Selain buah apel, jeruk nipis juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang kerap menjadi perokok pasif. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan di dalam jeruk nipis bisa membantu membersihkan nikotin di dalam tubuh dengan efektif.

Banyak minum air putih
Banyak minum air putih bisa membantu proses detoksifikasi tubuh, termasuk dalam membuang berbagai racun yang berasal dari asap rokok. Bagi mereka yang ingin berhenti merokok, konsumsi air putih dengan cukup juga akan membantu mereka mempertahankan tekad untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

Mengkonsumsi kedelai
Rutin mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan kedelai bisa membuat fungsi paru-paru lebih stabil dan menurunkan risiko terkena sesak nafas. Bahkan, kandungan flavonoid di dalam kedelai disebut-sebut bisa mencegah datangnya peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh nikotin di dalam rokok.

Sebisa mungkin kita memang menghindari asap rokok. Jika memang di lingkungan kita banyak orang yang merokok, kita bisa memakai masker demi menurunkan paparan beracun dari asap rokok yang sangat berbahaya.