Sering Makan di Luar Rumah Tingkatkan Risiko Keracunan

tips-diet-makan-di-restoran-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Sebastiaan ter Burg

DokterSehat.Com– Kalau sedang malas masak di rumah, salah satu alternatifnya adalah makan di luar, entah itu restoran atau cafe.

Sayangnya, menurut sebuah penelitian, sering makan di luar rumah akan meningkatkan risiko terkena bahan kimia beracun hingga 35 persen.

Dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan dengan cara mengecek kandungan di dalam cheeseburger ini menghasilkan fakta mengejutkan bahwa makanan ini ternyata memiliki kandungan phthalates, salah satu racun kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai informasi, phthalates adalah kandungan yang digunakan saat memproduksi barang-barang dari bahan plastik. Selain itu, bahan ini sebenarnya juga dipakai dalam pakaian, pasta gigi, sarung tangan plastik, dan alat-alat pengemasan dan pengolahan makanan yang ada dalam restoran.

Yang menjadi masalah adalah, saat kita mengonsumsi makanan yang ada dalam restoran, maka peralatan yang terbuat dari plastik ini juga ikut mengalami kenaikan suhu.

Kandungan phthalates yang ada dalam peralatan ini kemudian akan ikut tercampur pada makanan yang kita pesan sebelumnya. Selain itu, kandungan phthalates ini juga bisa tercampur pada bahan makanan yang lama disimpan di dalam wadah berbahan plastik.

Dalam penelitian yang melibatkan 10.253 partisipan ini, para partisipan ini ditanyai tentang kebiasaan mengonsumsi makanan di luar rumah, termasuk dimana mereka makan sehari sebelumnya. Setelahnya, para partisipan ini dites kandungan air seninya.

Hasilnya adalah, lebih dari 60 persen dari partisipan yang makan di luar dalam 24 jam terakhir memiliki 55 persen kandungan phthalates lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam tubuh orang yang makan di dalam rumah. Beberapa jenis makanan yang disebut-sebut memiliki kandungan kimia berbahaya cukup tinggi adalah sandwich dan cheeseburger.

Mengingat kandungan phthalates ini bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, ada baiknya memang kita tidak sering-sering makan di luar rumah ya. Makanan di dalam rumah lebih higienis dan sehat.