Kerap Kita Lakukan Karena Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Otak

doktersehat-penyakit-alzheimer-tumor-otak-bakteri-Naegleria-Fowleri-Ginkgo-Biloba

DokterSehat.Com– Salah satu organ yang paling penting bagi tubuh kita adalah otak. Jika kita mengalami gangguan pada organ ini, maka tubuh pun akan mengalami kekacauan yang tidak bisa disepelekan. Yang menjadi masalah adalah, kita ternyata cenderung kerap melakukan berbagai macam kebiasaan yang bisa berbahaya bagi kesehatan otak. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Malas minum
Jika kita malas minum air putih, maka besar kemungkinan kita akan mengalami dehidrasi. Tak hanya membuat haus, otak kita akan mengalami dampak buruk berupa kurang maksimalnya penyebaran zat pada organ ini yang membuatnya tidak akan bekerja dengan maksimal atau lemot.

Cara tidur yang kurang tepat
Ada sebagian orang yang tidur dengan menutup mukanya memakai selimut. Meskipun terlihat nyaman, hal ini akan menurunkan jumlah oksigen yang dihirup dan akhirnya membuat otak kekurangan oksigen yang sangat penting bagi kinerjanya.

Penggunaan ponsel yang berlebihan
Jika kita memakai ponsel dengan berlebihan dan menempatkannya di kasur saat tidur malam, apalagi dekat dengan posisi kepala, maka hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan otak dan bahkan bisa memicu datangnya penyakit berbahaya.

Mengkonsumsi junk food
Meskipun rasanya enak, junk food bisa memberikan dampak buruk bagi sel-sel otak. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan fakta bahwa kerap mengkonsumsi junk food akan membuat kita cenderung lebih mudah terkena depresi.

Malas sarapan
Jika kita malas mengkonsumsi sarapan pagi, maka kadar gula darah dalam tubuh akan sangat rendah. Hal ini ternyata bisa mengganggu fungsi otak sehingga kita pun akan kesulitan untuk berpikir, fokus, atau berkonsentrasi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi melakukan berbagai hal tersebut demi menjaga kesehatan otak.