Sering Jatuh, Ternyata Ada Ruang Kosong di Otak Pria Ini

DokterSehat.Com– Seorang lansia berusia 84 tahun yang tidak disebutkan namanya, mengeluhkan sering terjatuh tanpa sebab yang jelas. Saat memeriksakan kondisi kesehatannya, dokterĀ  justru terkejut setelah memindai otak sang pria. Bagaimana tidak, di dalam hasil pemindaian, terdapat ruang kosong seakan-akan ada bagian otak yang telah hilang. Apa yang terjadi?

Photo Source: BMJ Case Reports

Dikutip dari Belfast Telegraph, dr. Finlay Brown yang memindai sang lansia di Belfast, Irlandia Utara, menyebutkan bahwa di hasil pemindaian, terlihat jelas di bagian depan kepala terdapat lubang kosong yang sangat besar. Dr. Brown bahkan curiga jika sang pria pernah dioperasi otaknya saat muda.

Namun, setelah diperiksa lebih lanjut, bagian kosong di otak sang lansia ternyata adalah pneumatocele, semacam kantong berisi udara yang terjebak di dalam tulang tengkorak dan menekan jaringan otak. Kantong ini bisa ditemukan pada pasien yang mengalami trauma wajah, infeksi, atau pernah menjalani operasi otak sebelumnya.

Penemuan Dr. Brown yang kemudian diunggah dalam jurnal berjudul BMJ Case Reports ini mengungkap fakta bahwa sang lansia mengeluhkan kerap terjatuh serta lemah pada bagian kaki dan lengan kiri.

Yang menjadi masalah adalah, tak hanya ditemukan kantong udara dengan ukuran 9 cm, hasil pemindaian otak sang lansia dengan MRI (magnetic resonance imaging) juga mengungkapkan adanya osteoma atau kanker tulang pada bagian tengkoraknya. Namun, karena usianya yang sudah sangat lanjut, dokter memutuskan untuk hanya memberikannya obat-obatan dan tidak dioperasi.

Sekitar 12 minggu kemudian, sang pria mengaku kondisinya semakin membaik dan tidak lagi mudah terjatuh.

Sobat Sehat tidak pernah terjatuh tanpa alasan kan? Jika sampai iya, segera periksakan ke dokter ya?