DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengeluhkan bibir yang terlihat semakin kusam dan gelap. Tak disangka, salah satu penyebab dari bibir yang gelap dan kusam ini ternyata adalah kebiasaan yang kerap kita lakukan.



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bibir memang bisa kehilangan warna merah meronanya karena berbagai sebab. Sebagai contoh, kebiasaan merokok yang memang akan membuat bibir terpapar racun membuatnya menjadi semain gelap. Selain itu, adanya masalah kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan perubahan warna bibir dengan signifikan. Yang menjadi masalah, bibir yang menjadi semakin gelap tentu akan membuat penampilan wajah kita menjadi tidak lagi segar dan cantik. Padahal, kondisi ini cenderung tidak mudah diatasi sebagaimana saat kita mengatasi masalah kulit lainnya seperti jerawat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita ingin mencegah memudarnya warna bibir merah menjadi gelap, ada baiknya kita tidak lagi menggigiti atau menjilati bibir. Kita kerap kali melakukan kedua hal ini tanpa sadar saat bingung, cemas, atau merasa kurang nyaman akan sesuatu hal. Padahal, menggigit bibir bisa menyebabkan masalah pigmentasi pada bibir yang membuatnya menjadi semakin gelap. Sementara itu, kerap menjilati bibir juga akan membuat bibir kehilangan kelembabannya dan akhirnya menjadi kering. Padahal, bibir yang semakin kering ini akan membuatnya mengalami perubahan warna menjadi gelap.

Mengingat proses pengembalian warna bibir secara alami cenderung sulit untuk dilakukan dan membutuhkan waktu yang lama, ada baiknya memang kita tidak lagi menggigit atau menjilati bibir demi mencegah bibir menjadi gelap.