Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang betah dengan kondisi susah buang air besar? Masalah kesehatan ini membuat perut terasa sangat tidak nyaman sehingga akan mengganggu aktivitas harian kita. Yang menjadi masalah adalah, seringkali masalah konstipasi ini disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi.

Kerap Dikonsumsi, Makanan-Makanan Ini Bisa Memicu Konstipasi

Dikutip dari Boldsky, berikut adalah beberapa makanan yang kerap kita konsumsi namun bisa memicu masalah konstipasi.

  1. Pisang mentah

Meski pisang termasuk dalam makanan yang sehat dan kaya nutrisi, pisang mentah yang kulitnya masih berwarna hijau bisa memicu konstipasi karena banyaknya kandungan pati di dalamnya. Kandungan pati inilah yang bisa memicu konstipasi.

  1. Makanan cepat saji

Meski memiliki rasa yang enak, makanan cepat saji bisa memicu konstipasi karena tingginya kadar lemak dan garam di dalamnya. Selain itu, makanan cepat saji sama sekali tidak memiliki serat yang sangat dibutuhkan oleh saluran pencernaan.

  1. Daging merah

Sebagaimana makanan cepat saji, daging merah bisa diolah menjadi berbagai makanan yang sangat lezat. Yang menjadi masalah adalah, daging merah kaya akan zat besi yang membuat kotoran menjadi lebih keras dan akhirnya memicu konstipasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Makanan olahan

Makanan olahan kaya akan gula halus dan minim serat. Mengonsumsi makanan olahan tentu akan membuat kita lebih rentan terkena konstipasi.

  1. Kopi

Meski bisa menghilangkan kantuk dan meningkatkan semangat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kopi bisa memicu konstipasi mengingat kemampuannya dalam membuat kadar cairan tubuh berkurang.

  1. Produk susu

Produk susu seperti susu sapi dan keju ternyata bisa memicu konstipasi karena kemampuannya dalam membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat.

  1. Alkohol

Kerap minum alkohol bisa membuat kita lebih rentan terkena konstipasi mengingat kemampuan minuman ini dalam membuat tubuh mengalami dehidrasi. Berkurangnya cairan tubuh ini mempengaruhi kinerja saluran pencernaan dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman tersebut agar tidak mudah mengalami susah buang air besar ya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi