Kerap Bangun Saat Tidur Malam? Bisa Jadi Kamu Mengidap Penyakit Ini

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengaku sering terbangun di tengah malam saat tidur. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas tidur dengan signifikan dan akhirnya membuat mereka terbangun dengan kondisi masih mengantuk dan tidak bugar. Yang menjadi masalah adalah, ada beberapa penyebab dari kerap bangun saat tidur malam yang ternyata tidak bisa disepelekan begitu saja.

Nokturia

Memang, kebanyakan orang yang terbangun di tengah malam disebabkan oleh ingin buang air kecil akibat dari terlalu banyak minum sebelum tidur. Namun, jika kita sampai berkali-kali bangun tidur dan ingin buang air kecil, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan yang disebut sebagai nokturia.

Nokturia adalah kondisi yang membuat kita mengalami keinginan buang air kecil hingga 2-4 kali di saat tidur malam. Bahkan, ada orang yang sampai tak mampu lagi memejamkan mata akibat dari keinginan buang air kecil yang tak kunjung menghilang. Penderita nokturia bisa mencoba untuk menurunkan konsumsi air putih sebelum tidur malam demi mengatasinya.

Stress dan depresi
Banyak orang yang tidak menyadari dampak buruk dari gangguan mental layaknya stress dan depresi. Dalam banyak kasus, stress yang berlebihan bisa membuat kita kerap terbangun di malam hari dan kemudian tidak bisa tidur kembali. Bahkan, meskipun tubuh sedang sangat lelah sekalipun, tetap saja kita akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Karena alasan inilah ada baiknya mereka yang sudah stress atau depresi berat segera meminta bantuan pada psikiater untuk mengatasinya.

Kebiasaan minum alkohol
Meskipun nikmat, kebiasaan minum alkohol layaknya bir bisa memberikan banyak kerugian seperti membuat kita mudah mendengkur atau bahkan kerap bangun di malam hari. Saat bangun pagi, kita juga akan cenderung mengalami kondisi kepala yang sangat berat.