Dihindari Karena Tinggi Kolesterol, Kerang Juga Bergizi dan Bermanfaat Lho

doktersehat-gizi-manfaat-kerang
Photo Credit: Flickr.com/City Foodsters

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk orang yang menghindari konsumsi kerang? Meskipun kerap dianggap sebagai makanan yang memiliki banyak kolesterol, namun ternyata kerang juga memiliki kandungan gizi dan bermanfaat lho. Apa saja sih kandungan gizi kerang?

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, kandungan gizi yang ada pada kerang adalah:

1. Protein

Dalam 100 gram kerang, terdapat kandungan protein yang sangat tinggi yaitu 25,5 gram. Angka ini menjadikan kerang sebagai bahan makanan sumber protein yang nilai proteinnya hampir sama dengan daging sapi atau ayam.

2. Vitamin A

Vitamin A yang ada pada 100 gram kerang termasuk tinggi yaitu sebesar 570 IU. Angka ini hampir empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi yang hanya memiliki 161 IU vitamin A.

3. Vitamin B12

Sumber vitamin B12 yang paling utama adalah dari makanan protein hewani. Kerang menjadi salah satu jenis protein hewani yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan vitamin B12 harian orang dewasa. Dalam satu porsi kerang terdapat kandungan vitamin B12 sebesar 98 mcg.

Dengan ketiga manfaat di atas maka kita bisa merasakan manfaat konsumsi kerang yang bisa mendukung kondisi kesehatan tubuh.

Mendukung kekuatan otot tubuh

Protein yang tinggi pada kerang akan memberikan manfaat untuk kesehatan dan kekuatan otot. Hal ini juga akan memberikan manfaat apabila tubuh atau otot tubuh mengalami kaku akibat lelah. Konsumsi kerang akan memberikan asupan protein yang cukup untuk mendukung kesehatan otot

Mengatasi anemia

Salah satu manfaat konsumsi kerang adalah memberikan asupan zat besi yang cukup dari kandungan proteinnya yang tinggi. Hal ini sangat membantu jika tubuh sedang mengalami anemia. Konsumsi kerang akan memberikan asupan zat besi dengan mutu gizi yang baik dan mudah diserap tubuh.

Namun perlu diingat bahwa manfaat dari konsumsi kerang bisa kita rasakan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Jadi batasi konsumsi kerang sebanyak satu porsi dalam satu kali makan dan konsumsilah tidak terlalu sering, ya.