Keramas Dengan Cara Seperti Ini Justru Membuat Rambut Semakin Tipis

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kebersihan rambut, ada baiknya kita rajin berkeramas. Dengan melakukannya, maka rambut kita akan terbebas dari berbagai kotoran, keringat, debu, sel kulit mati, dan berbagai hal lain yang bisa membuatnya terasa kotor, gatal, atau lengket.

Dengan berkeramas, kita juga bisa menghilangkan rasa lelah dan stres, sekaligus membuat tubuh lebih segar dan bersemangat. Sayangnya, kadangkala kita melakukan kesalahan dalam berkeramas dan akhirnya membuat rambut menjadi semakin tipis. Berikut adalah beberapa kesalahan tersebut.

  • Memakai air hangat

Mandi dengan air hangat memang bisa membuat badan menjadi lebih nyaman dan menghilangkan pegal-pegal. Sayangnya, jika kita juga berkeramas dengan air hangat, maka lapisan minyak alami rambut yang ada pada kuit kepala akan lenyap dan akhirnya membuat batang rambut rentan mengalami kerontokan.

  • Memakai sampo dengan bahan kimia yang keras

Jika kita memiliki masalah rambut rontok sebelumnya, ada baiknya kita tidak memakai shampoo dengan kandungan pewangi atau sulfat yang tinggi dan lebih memilih shampoo bayi atau shampoo anak-anak yang memiliki kandungan bahan kimia lebih rendah.

  • Keramas setiap hari

Sebagian orang memilih untuk berkeramas setiap hari karena kerap beraktifitas di tempat yang cenderung kotor. Memang, tujuan dari berkeramas ini baik karena akan membersihkan rambut, namun, terlalu sering berkeramas justru akan membuat rambut lebih rentan rontok dan mengalami kerusakan akibat terlalu sering terpapar bahan kimia.

  • Tidak pernah mengganti sampo

Meski kita sudah cocok dengan satu jenis sampo, cobalah untuk sesekali menggantinya agar kulit kepala bisa menjadi lebih segar dan mencegah datangnya masalah penipisan rambut.

Cobalah untuk menghindari berbagai kebiasaan dalam berkeramas tersebut demi menjaga kekuatan, kelebatan, dan kesehatan rambut.