Makan Hati Ayam, Pria Ini Masuk Rumah Sakit

makan_hati_keracunan_doktersehat_1
Photo Source: Evening Standard

DokterSehat.ComPria berusia 47 tahun dari Inggris bernama Philip Earlam harus dilarikan ke IGD rumah sakit karena mengalami kelumpuhan, tidak mampu berbicara, dan kesulitan untuk berkedip sehingga tak mampu tidur. Penyebab dari masalah kesehatan yang sangat tidak biasa ini adalah karena Philip baru saja mengonsumsi parfait, sejenis hidangan penutup yang memiliki kandungan hati ayam yang memicu keracunan.

Dilansir dari Evening Standard, Philip mengaku sangat ketakutan tatkala tahu ia kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuhnya dan tidak bisa berbicara ataupun berkedip. Ia bahkan sempat berpikir untuk berubah menjadi seorang vegetarian gara-gara kejadian ini.

Philip adalah satu dari 63 orang yang dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami keracunan akibat mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri campylobacter di The Brewery Conference Centre yang ada di kota Barbican. Saat itu, Philip dan rekan-rekan kantornya sedang mengikuti acara Digital Impact Award dan mendapatkan jamuan makan.

Setelah mengikuti acara ini, Philip pulang ke rumahnya yang ada di Nortwich, Chesire, namun, di pagi berikutnya ia mulai merasakan sensasi tidak enak badan. Kondisinya terus menurun sehingga kemudian harus dilarikan ke Leighton Hospital yang ada di kota Crewe. Ia kemudian dirujuk ke Royal Stoke Hospital untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

Dokter kemudian mendiagnosisnya terkena penyakit bernama Miller Fisher Syndrome yang dipicu oleh campylobacter. Penyakit ini memicu gangguan koordinasi otot, kelumpuhan pada otot mata dan hilangnya refleks pada tendon. Sekitar 8 persen dari kasus ini bisa berakhir dengan fatal.

Philip pun harus menghabiskan waktu selama 7 minggu di rumah sakit. Ia pun tak ragu menuntut pihak katering yang menyediakan makanan ini karena membuatnya sampai jatuh sakit.