Terbit: 19 Oktober 2020 | Diperbarui: 20 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

ISTJ adalah satu dari 16 tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs. Apakah Anda termasuk ke dalam tipe kepribadian ini? Simak informasi lengkapnya mulai dari ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan, hingga asmara!

ISTJ, Si ‘Ahli Logistik’ yang Suka Aturan dan Setia

Apa Itu ISTJ?

ISTJ adalah akronim dari Introverted, Sensing, Thinking, Judging. Tipe kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Personality Indicator (MBTI) ini—sebagaimana dilansir dari laman 16personalities.com—dijuluki sebagai “logistician” yang jika diterjemahkan menjadi ‘ahli logisitik’.

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung pendiam dan praktikal. Mereka menyukai keteraturan pada semua lini kehidupan termasuk soal rumah, pekerjaan, keluarga, dan pekerjaan. ISTJ juga dikenal loyal, baik kepada dirinya sendiri maupun orang lain. Diperkirakan ada sekitar 13 persen dari total populasi manusia yang memiliki kepribadian ini.

Karakteristik ISTJ

Tipe kepribadian yang satu ini memiliki karakteristik. Apakah karakteristik-karakteristik ini ada pada diri Anda?

  • Si ‘ahli logisitik’ adalah seorang perencana. Mereka suka merencanakan segala sesuatunya dengan cermat sebelum mengeksekusinya. Mereka menikmati kehidupan yang teratur dan suka hal-hal diatur dengan baik.
  • Orang dengan kepribadian ini sangat memerhatikan detail. Ketika segala sesuatunya berantakan, mereka mungkin akan merasa tidak tenang sampai-sampai tidak dapat beristirahat hingga semuanya telah diatur dengan benar.
  • Mereka yang memiliki kepribadian ini bertanggung jawab dan realistis. “Logistician” mengambil pendekatan logis untuk mencapai tujuan. Mereka juga mampu menyelesaikan tugas-tugasnya secara teratur. Mereka mampu untuk tetap fokus pada tugas yang dihadapi kendati banyak hal yang mengganggu. Itu sebabnya, ISTJ sering digambarkan sebagai orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
  • Pemilik tipe kepribadian ini sangat menekankan pada tradisi dan hukum. Mereka lebih suka mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, sang ‘ahli logistik’ dapat terlihat kaku dan pantang menyerah dalam keinginan mereka untuk mempertahankan struktur.

Kelebihan ISTJ

Pemiliki kepribadian ISTJ memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

1. Teliti

Pemilik kepribadian ini dikenal sangat teliti dalam berbagai hal. Mereka selalu memerhatikan detail-detail kecil yang mungkin kebanyakan orang tidak menyadarinya. Si ISTJ ini menyukai fakta, detail, dan angka tanpa embel-embel emosional atau interpretatif. Mereka juga tidak menerima fakta atau informasi begitu saja, pun tidak mengandalkannya hanya karena orang lain mengatakannya. 

2. Bertanggung Jawab

Kelebihan berikutnya dari tipe kepribadian ini adalah bertanggung jawab. Ya, si “logistician” ini ketika sudah berjanji sesuatu, maka ia tidak akan berhenti sampai janji tersebut benar-benar terpenuhi.

Begitu pula untuk urusan pekerjaan. Rasa tanggung jawab membuat mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menuntaskan pekerjaan tersebut.

3. Jujur

Jujur menjadi kelebihan lainnya dari pemilik kepribadian ISTJ. Mereka juga berharap orang lain melakukan hal yang sama, yakni selalu menomorsatukan kejujuran dalam menjalani kehidupan.

4. Terstruktur

Si ‘ahli logistik’ ini cukup ahli dalam merencanakan, mengorganisir, memetakan jadwal, dan mengikuti agenda yang telah tersusun. Mereka unggul dalam manajemen waktu, tepat waktu—menuntut hal yang sama dari orang lain—dan secara konsisten memenuhi tenggat waktu.

5. Gigih

Kekuatan utama dari kepribadian ini adalah ketekunan. Orang dengan kepribadian ini tidak akan menyerah begitu saja. Sifat ini tentu saja menguntungkan dan bisa menjadi hal yang membedakan mereka dalam karir. Rekan dan pesaing mereka mungkin memiliki keterampilan yang lebih besar, tetapi hanya sedikit yang akan menyamai ISTJ dalam komitmen..

6. Setia

Jika Anda adalah orang dengan tipe kepribadian ini, Anda seharusnya memiliki sifat setia, handal, dan berkomitmen, Inilah orang-orang yang dapat menjaga segala sesuatu mulai dari keluarga, pekerjaan, dan lain sebaginya.

Mereka menganggap segala sesuatunya secara serius dan penuh tanggung jawab. Bagaimana, apakah cocok dengan Anda?

Kekurangan ISTJ

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk orang dengan kepribadian ini. Lantas, apa saja kekurangan dari si ‘ahli logistik’?

1. Suka Menyalahkan Diri Sendiri

Kekurangan yang pertama adalah, mereka kerap menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi. Ini karena mereka selalu menganggap cukup serius segala hal yang telah tersusun. Mereka kesulitan menerima kenyataan bahwa terkadang hidup memang tidak berjalan sesuai rencana, dan malah berpikiran kalau ini adalah salah mereka.

2. Kurang Empati

Komitmen kuat ISTJ terhadap kebenaran juga bisa membuat mereka bermasalah dalam urusan antar pribadi. Mereka cenderung berbicara tanpa banyak mempertimbangkan perasaan orang lain, berpikir bahwa selalu lebih penting untuk jujur daripada membuat orang merasa baik.

Mereka bahkan mungkin mengalami konflik internal seputar mencoba bersikap bijaksana atau diplomatis, merasakan bahwa mereka tidak sepenuhnya jujur, langsung atau terus terang.

3. Keras Kepala

Sementara ISTJ akan dikagumi karena komitmen teguh mereka terhadap tugas mereka dan perasaan mereka tentang apa yang benar dan pantas, sisi negatifnya adalah mereka bisa keras kepala, tidak fleksibel dan dogmatis. Mereka sering percaya bahwa ada satu cara yang benar—yakni milik mereka—dan hal-hal tersebut harus dilakukan dengan cara mereka itu.

4. Resisten Terhadap Perubahan

Orang dengan kepribadian ini selalu merasa ‘nyaman’ dengan aturan-aturan yang telah ada. Hal tersebut memang bagus, namun di sisi lain malah justru menyebabkan mereka cenderung kurang kreatif maupun inovatif.

Padahal, kreativitas perlu untuk mengembangkan diri. Karena sikap teraturnya inilah akhirnya mereka tidak dapat berkembang dan cenderung stagnan.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian ENFP, si ‘Juru Kampanye’

ISTJ dan Karir

Karena orangnya sangat teratur, si ISTJ cenderung bekerja lebih baik dalam lingkungan kerja yang memiliki budaya teratur pula, mulai dari jadwal yang jelas, tugas yang jelas, dan fokus yang kuat pada tugas yang ada. Saat mempelajari hal-hal baru, ISTJ akan melakukan yang terbaik ketika materi adalah sesuatu yang mereka anggap berguna.

ISTJ cenderung berhasil dalam karier yang membutuhkan keteraturan, struktur, dan ketekunan. Pekerjaan yang melibatkan berurusan dengan fakta dan angka konkret (akuntansi, ilmu perpustakaan, pemrograman komputer, dll.) adalah pilihan yang bagus. Pekerjaan yang membutuhkan akurasi, penghormatan terhadap aturan dan stabilitas sering kali menarik bagi mereka yang memiliki kepribadian ini.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok adalah:

  • Akuntan
  • Teknisi IT
  • Dokter
  • Pustakawan
  • Pengacara
  • Polisi
  • Tentara

Relasi Sosial ISTJ

Bagaimana orang dengan kepribadian ini dalam menjalani relasi sosial dengan orang lain?

1. Asmara

Meskipun ISTJ mungkin mengalami perasaan yang dalam, mereka sering kesulitan untuk menunjukkan rasa tersebut dalam hubungan asmara. Kadang-kadang tampaknya mereka akan terkesan ’cuek’ dan tidak menghargai perasaan pasangannya.

2. Pertemanan

Dalam hal pertemanan, mereka cenderung bergaul paling baik dengan teman-teman yang mirip dengan mereka. Namun, meskipun mereka cenderung sedikit serius, mereka juga suka bersenang-senang. Mereka mungkin tidak mau terjun ke hal-hal baru, tetapi hal ini bisa saja terjadi apabila ia memiliki teman yang suportif.

3. Keluarga

Sebagai orang tua, mereka cenderung cukup fokus pada tradisi dan pandai memberikan keamanan dan stabilitas kepada anak-anaknya. Selain itu, mereka akan secara konsisten memberikan rasa aman pada buah hati. Sementara itu,  anak dengan kepribadian ini cenderung ingin melakukan segala sesuatunya secara rutin, teratur, dan perlahan.

 

  1. Anonim. ISTJ: The Logistician. https://www.16personalities.com/istj-personality (accessed on 14 October 2020)
  2. Anonim. ISTJ: The Inspector. https://www.truity.com/personality-type/ISTJ/strengths-weaknesses (accessed on 14 October 2020)
  3. Cherry, K. 2020. ISTJ: The Inspector (Introverted, Sensing, Thinking, Judging). https://www.verywellmind.com/istj-introversion-sensing-thinking-judgment 2795992#:~:text=ISTJ%20(introversion%2C%20sensing%2C%20thinking,be%20reserved%2C%20practical%20and%20quiet. accessed on 14 October 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi