Terbit: 14 Oktober 2020 | Diperbarui: 19 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Dari 16 tipe kepribadian yang dikemukakan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs, ENFP adalah salah satunya. Simak informasi lengkap mengenai kepribadian yang satu ini dari mulai ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan, hingga relasi sosialnya. Siapa tahu, Anda termasuk di antaranya!

Mengenal Kepribadian ENFP, Si ‘Juru Kampanye’

Apa Itu ENFP?

ENFP adalah singkatan dari Extraverted, Intuitive, Feeling, and Perceiving. Ini merupakan satu dari 16 tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh dua orang psikolog asal Amerika Serikat yakni Isabel Mayer dan Katherine Briggs bertajuk Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Dilansir dari laman 16personalities.com, kepribadian ini juga dikenal dengan sebutan “campaigner” atau jika diterjemahkan menjadi “juru kampanye”. Orang dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang antusias, karismatik, dan kreatif, pun sangat menawan, energik, serta mandiri. Diperkirakan ada sekitar 5-7 persen orang di dunia dengan tipe kepribadian yang satu ini.

Karakteristik ENFP

Apakah Anda salah satu dari pemilik kepribadian ENFP? Jawabannya bisa dilihat dari karakteristik kepribadian tersebut berikut ini:

  • Si ‘juru kampanye’ memiliki keterampilan sosial yang sangat baik. Selain memiliki antusiasme yang melimpah, mereka juga benar-benar peduli pada sesama. Orang dengan kepribadian ini pandai memahami apa yang dirasakan orang lain. Dengan semangat, karisma, dan kreativitas yang dimiliki, mereka juga bisa menjadi pemimpin yang hebat.
  • Orang dengan tipe kepribadian ini sangat tidak menyukai rutinitas dan lebih memilih untuk fokus pada masa depan. Meskipun mereka hebat dalam menghasilkan ide-ide baru, terkadang mereka suka menunda tugas-tugas penting hingga menit terakhir. Selain itu, mereka juga kerap memimpikan ide tetapi tidak sampai berusaha maksimal untuk mewujudkannya.
  • Mereka yang memiliki kepribadian ini juga dapat dengan mudah merasa jenuh, terutama terhadap sesuatu yang memang membosankan atau tidak menarik.
  • Kepribadian ini cenderung fleksibel dan suka membiarkan opsinya tetap terbuka. Mereka bisa spontan dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Mereka juga tidak menyukai rutinitas namun juga mungkin bermasalah dengan disorganisasi dan penundaan.

Kelebihan ENFP

Pemiliki kepribadian ENFP memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Energik dan Antusias

Saat menemukan ide-ide baru, si ‘juru kampanye’ akan sangat bersemangat. Mereka juga antusias untuk segera membagikan hal tersebut dengan orang lain. Sifat seperti ini pun memiliki manfaat ganda, yaitu memberikan kesempatan untuk menjalin lebih banyak relasi sosial, dan memberi mereka sumber informasi dan pengalaman baru dalam hidup.

2. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Terkait dengan ide-ide baru, si ENFP ini tidak akan tinggal diam. Mereka ingin keluar dan mencoba berbagai hal, pun tidak ragu-ragu untuk keluar dari zona nyaman. Mereka juga imajinatif dan berpikiran terbuka.

3. Komunikator Ulung

Sang ‘campaigner’ juga memiliki kelebihan dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Tak jarang, orang dengan kepribadian ini mampu memengaruhi orang lain untuk mengikuti pikirannya tanpa orang tersebut menyadarinya.

4. Observan

Para pemilik kepribadian ini juga percaya bahwa tidak ada tindakan yang tidak relevan dan bahwa setiap pergeseran sentimen, gerakan, maupun ide adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar. Untuk memuaskan keingintahuannya, sang ‘juru kampanye’ mencoba memerhatikan semua hal, tanpa pernah melewatkan satu momen pun.

5. Bersahabat

Semua kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi yang dimiliki membuat mereka yang memiliki kepribadian ini mudah didekati, menarik, menggairahkan, dengan semangat kooperatif, altruistik, ramah, dan penuh empati. Mereka bisa bergaul dengan hampir semua orang, sehingga lingkaran pertemanan mereka sangat luas.

Kekurangan ENFP

Akan tetapi, bukan berarti orang dengan kepribadian ini tidak punya kekurangan. Apa saja kekurangan dari si ‘juru kampanye’ ini?

1. Sering Overthinking

Kekurangan yang pertama adalah overthinking alias terlalu memikirkan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dipikirkan. Ataupun jika harus dipikirkan, tidak usah terlalu dalam. Akan tetapi, si ENFP ini tidak bisa demikian. Bahkan, tak jarang mereka jadi sulit tidur hanya karena memikirkan hal-hal kecil tersebut.

2. Mudah Stres

Si ‘juru kampanye’ juga mudah sekali untuk stres. Ini berkaitan dengan kekurangan di poin pertama yaitu sifat overthinking yang dimilikinya.

3. Sulit untuk Fokus

Sulit fokus menjadi kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ini. Alhasil, kerap kali mereka mengalami masalah ketika sedang melakukan tugas-tugasnya.

4. Lemah di Eksekusi Ide

Dalam hal membentuk dan memahami ide, terutama yang melibatkan orang lain, ‘juru kampanye’ memiliki bakat luar biasa. Sayangnya keterampilan mereka dalam merealisasikan ide-ide tersebut bisa dikatakan lemah. Apabila tidak dibantu oleh orang lain, kemungkinan ide-ide cemerlang tersebut hanya akan menjadi angan-angan belaka tanpa pernah terealisasi.

5. Sangat Emosional

Meskipun sikap emosional itu wajar, akan tetapi para pemilik kepribadian ini memiliki tingkat emosional yang tinggi. Utamanya ketika berada dalam tekanan, kritik, atau konflik, mereka dapat mengalami ledakan emosi yang sangat besar.

6. Tidak Suka Aturan

Para pegiat tidak suka diatur secara mikro dan dibatasi oleh aturan yang berat. Mereka ingin dilihat sebagai tuan yang sangat independen atas nasib mereka sendiri. Hal ini tentunya bisa menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri.

Baca Juga: Introvert: Pengertian, Ciri-Ciri, Fakta, Cara Menghadapi, dll

ENFP dan Karir

Terkait dengan karir, orang dengan tipe kepribadian ini dapat bekerja dengan baik pada bidang pekerjaan yang menawarkan banyak fleksibilitas. Karena mudah berempati dan bersosialisasi, mereka sering kali berhasil dalam karier yang berorientasi pada layanan. Sementar itu, mereka harus menghindari karier yang melibatkan penyelesaian banyak tugas rutin yang mendetail. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang kemungkinan besar cocok dengan si ‘juru kampanye’:

  • Psikolog
  • Aktor
  • Jurnalis
  • Pembawa berita
  • Pekerja sosial
  • Perawat
  • Politisi

Relasi Sosial ENFP

Bagaimana orang dengan kepribadian ini dalam menjalani relasi sosial dengan orang lain?

1. Asmara

Orang dengan kepribadian ini cenderung bergairah dan antusias dalam hubungan asmara. Sayangnya, mereka acap kali sulit untuk menjalani hubungan jangka panjang karena sifatnya yang selalu memikirkan tentang apa yang mungkin terjadi di masa mendatang ketimbang hanya berfokus pada hal-hal sebagaimana adanya.

2. Pertemanan

Pemilik kepribadian ini dapat menjadi teman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Mereka senang melakukan hal-hal baru dan biasanya memiliki banyak teman dan kenalan. Mereka tanggap terhadap perasaan orang lain dan pandai memahami orang lain dengan cukup cepat.

3. Keluarga

Sebagai orang tua, mereka biasanya memiliki hubungan yang kuat dan penuh kasih dengan anak-anak mereka dan pandai menanamkan rasa dan nilai-nilai kehidupan yang dipegang. Sementara itu, orang tua dari anak-anak ENFP akan menemukan bahwa anak mereka memiliki imajinasi yang kuat dan antusiasme yang tinggi untuk hidup. Energi anak Anda terkadang tampak berlebihan, tetapi Anda harus mencari cara untuk membantu anak agar dapat mengeksplorasi kreativitasnya. Itu dia informasi mengenai kepribadian ENP yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, apakah cocok dengan Anda?  

  1. Anonim. ENFP: The Campaigner. https://www.16personalities.com/enfp-strengths-and-weaknesses (diakses pada 14 Oktober 2020)
  2. Anonim. ENFP: The Champion. https://www.truity.com/personality-type/ENFP (diakses pada 14 Oktober 2020)
  3. Cherry, K. 2020. ENFP: The Champion (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving). https://www.verywellmind.com/enfp-an-overview-of-the-champion-personality-type-2795980 (diakses pada 14 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi