Kentut Menandakan Masalah Pencernaan atau Pencernaan Sehat?

penyebab-dan-solusi-ibu-hamil-sering-kentut-doktersehat
Photo Source: Meteoweb.eu

DokterSehat.Com– Kentut atau buang angin seringkali dianggap sebagai tanda bahwa pencernaan kita sedang berada dalam kondisi sehat. Hanya saja, terkadang jika kita sering mengeluarkan kentut, hal ini justru menandakan adanya gangguan pencernaan. Sebenarnya, kentut menandakan kondisi pencernaan sehat atau tidak sehat, sih?

Pakar kesehatan dr. Myron Brand dari Thrillist menyebutkan bahwa setiap orang bisa mengeluarkan kentut sekitar 10 hingga 20 kali setiap hari. Secara umum, dr. Brand menyebut kentut sebagai tanda dari kondisi pencernaan yang sehat, hanya saja, kebanyakan orang malu untuk mengeluarkannya karena suaranya yang nyaring dan baunya yang menyengat sehingga dikhawatirkan bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Kentut sendiri termasuk dalam fenonema kesehatan yang masih menjadi misteri bagi pakar kesehatan. Sebagai contoh, kita bisa saja mengeluarkan suara kentut yang nyaring dengan bau yang menyengat, namun kita juga bisa saja mengeluarkan suara kentut yang nyaring tanpa bau sama sekali. Sementara itu, suara kentut yang senyap justru bisa jadi adalah tanda bahwa baunya sangat tidak enak. Bahkan, ada sebagian orang yang menyebut bau kentut yang sangat tidak enak justru menandakan bahwa kita telah mengonsumsi makanan sehat.

“Sebenarnya, bau kentut yang menyengat tidak selalu menandakan hal yang buruk. Seringkali hal ini terkait dengan apa yang kita makan sehingga mempengaruhi bakteri di dalam saluran pencernaan yang berbeda-beda di setiap orang,” ungkap dr. Brand.

Lantas, adakah kentut yang menandakan adanya masalah kesehatan yang patut kita waspadai?

“Kalau hanya kentut gejalanya, besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh makanan yang dicerna oleh tubuh dengan baik. Hal ini akan membuat banyak produksi gas di dalamnya yang tentu akan dikeluarkan dengan cara kentut,” jelasnya.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai kentut yang disertai dengan gejala lain seperti sensasi tidak nyaman pada perut, kram atau perut melilit, mual-mual, kenaikan asam lambung, hingga sensasi nyeri. Segera periksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi menandakan adanya gangguan pencernaan yang harus segera ditangani dengan baik.