Terbit: 15 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum kalau saat Lebaran adalah waktu yang tepat untuk balas dendam makan. Kita yang awalnya dibatasi waktu makannya saat puasa menjadi lebih bebas sehingga bisa makan apa saja yang ada atau disajikan hingga habis. Mumpung sudah tidak ada waktu makan, kita jadi sering lepas kontrol.

5 Cara Mengendalikan Makan Saat Lebaran

Makanan saat Lebaran sebenarnya tidak masalah dilakukan dan apa pun bisa dimakan asalkan jumlahnya tepat. Jangan makan terlalu banyak karena bisa membuat perut jadi sakit atau membuat jumlah lemak di dalam tubuh meningkat dengan cepat.

Kalau Anda tidak ingin mengalami kenaikan berat badan akibat tidak bisa mengontrol apa yang masuk ke dalam perut, simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Makan dahulu sebelum keluar rumah

Selama ini kita selalu mengosongkan perut sebelum keluar rumah dan berkunjung ke rumah saudara atau tetangga. Perut yang kosong akan membuat Anda jadi makan banyak hidangan yang disiapkan. Kalau tidak makan Anda akan sungkan sehingga setiap rumah akan dicicipi makanannya.

Kalau Anda makan dahulu, Anda bisa mengatur jumlah makanan yang masuk. Anda akan mudah merasakan kenyang sehingga Anda tidak perlu mencicipi setiap makanan atau hanya cicipi satu buah saja sehingga kelebihan kalori tidak akan membuat Anda jadi lebih gemuk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Perbanyak buah dan sayuran

Salah satu penyebab utama hilangnya kontrol dengan makanan adalah kita mudah lapar setiap hari. Akhirnya apa saja dimakan meski energi yang masuk ke dalam tubuh sudah banyak dan melebihi kebutuhan harian. Kalau energi terus masuk, sisa yang tidak digunakan akan disimpan jadi lemak.

Nah, kalau Anda ingin selalu kenyang dan tidak mudah lapar, usahakan untuk memperbanyak buah dan sayur. Dua hal ini akan membuat Anda kenyang lebih lama karena serat yang terkandung di dalamnya.

  1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih ketimbang air yang memiliki rasa lainnya. Kalau pun Anda tidak makan, minumlah air putih kemasan kecil untuk menghormati yang memiliki rumah. Jangan memilih yang memiliki rasa karena mengandung cukup banyak kandungan gula di dalamnya.

Kalau Anda minum air putih dengan jumlah yang cukup kondisi dehidrasi yang kadang memicu rasa lapar tidak akan terjadi. Anda bisa menikmati Lebaran tanpa takut mengalami penambahan berat badan yang cukup masif.

  1. Batasi makan kue dan makanan lain

Kue yang disajikan saat Lebaran jumlahnya sangat banyak. Kalau Anda tidak bisa mengendalikan diri, semua hal bisa langsung masuk ke dalam mulut dengan mudah. Oleh karena itu batasi kue atau makanan lain agar tidak berlebihan dan menyebabkan penambahan berat badan.

Batasi hanya mengonsumsi satu buah kue saja per rumah. Lihat sekeliling dan pilih satu yang benar-benar ingin dimakan. Kalau Anda mencoba semuanya yang ada, perut akan mudah kekenyangan padahal masih banyak rumah yang belum dikunjungi.

  1. Tahu kapan saat lapar fisik

Saking banyaknya hidangan yang disajikan, kita jadi sering lapar mata. Akibat kondisi ini kita jadi makan banyak hal di satu tempat dan berulang di tempat yang lain. Apa yang kita lakukan ini sebenarnya lapar mata bukan lapar secara fisik yang menyebabkan tubuh butuh energi.

Kalau Anda tidak tahu apakah tubuh ada pada kondisi lapar fisik atau lapar mata saja, coba minum satu gelas air putih, kalau dalam 15 menit rasa laparnya hilang artinya tubuh hana dehidrasi, tidak butuh makanan.

Semoga kita bisa mengontrol apa yang dimakan saat Lebaran nanti, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi