Terbit: 31 Maret 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Manfaat kencur biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan, tapi di sisi lain kencur juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tanaman herbal yang memiliki nama latin kaempferia galangal ini tidak hanya bermanfaat dari bagian rimpangnya saja, tapi juga bisa dari daunnya. Kencur umumnya tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Thailand, India, China, Malaysia, dan Indonesia.

12 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Bikin Langsing!

Kandungan Nutrisi Kencur

Kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang biasanya dijadikan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu, terutama di Asia Tenggara.

Berikut sejumlah kandungan nutrisi dalam kencur:

  • Zinc
  • Pati
  • Ethyl aster
  • Paraeumarin
  • Borneol
  • Asam sinamat
  • Protein
  • Serat
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Mangan
  • Kobalt
  • Nikel

Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Kencur menjadi salah satu bahan jamu atau obat herbal yang sudah sangat populer, yaitu jamu beras kencur. Selain sebagai jamu, kencur juga bisa dikonsumsi secara langsung, diekstrak menjadi serbuk, dan diekstrak menjadi minyak.

Berikut adalah sejumlah manfaat kencur yang bisa kita dapatkan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Manambah Nafsu Makan

Khasiat kencur dipercaya dapat menambah nafsu makan karena memiliki kandungan minyak atsiri. Kencur biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Fungsinya untuk menambah nafsu makan biasanya ditujukan untuk anak-anak, sedangkan pada orang dewasa kencur bisa menjadi penambah stamina tubuh.

2. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat kencur bisa mengobati perut kembung. Anda bisa makan kencur mentah dengan sedikit garam dan air hangat. Alternatif lain adalah dengan merebus ruas kencur sekitar 3 cm dengan satu gelas air. Kedua cara ini bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari untuk mencegah perut kembung.

3. Meredakan Maag

Kencur juga diyakini bisa mengatasi gejala sakit maag yang kambuh. Ini karena khasiat kencur dapat menurunkan asam lambung di dalam perut. Asam lambung yang normal dapat mengatasi masalah maag.

4. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kencur untuk kesehatan juga berguna untuk menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas dicegah, tubuh akan sehat dan lebih bugar. Radikal bebas adalah salah satu penyebab berbagai penyakit yang berkembang di dalam tubuh. Misalnya kanker kulit dan banyak jenis penyakit berbahaya lainnya.

5. Mengatasi Pilek

Sensasi hangat dari kencur dipercaya bisa mengobati pilek. Orang yang menderita pilek dianjurkan untuk minum ramuan yang terbuat dari kencur. Ini karena kehangatan dalam kencur dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pilek.

6. Obat Batuk

Manfaat kencur dapat mengobati batuk. Beberapa kandungan dalam kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk. Sensasi hangat dalam ramuan kencur dalam bentuk minuman juga bisa menetralkan batuk dan rasa pegal karenanya. Oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang sedang batuk minum ramuan ini agar merasa hangat dan lega.

Baca Juga: 13 Manfaat Beras Kencur, Bisakah Mengatasi Masuk Angin?

7. Meningkatkan Kesegaran Tubuh

Perasaan segar dan hangat dari ramuan kencur juga diyakini bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Rasa segar dalam kencur mirip dengan minuman jahe yang juga bisa menghangatkan tubuh.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi ramuan dari kencur ketika tubuh sedang sakit dan lelah. Setelah mengonsumsi ramuan ini, tubuh kemudian akan segar kembali dan kembali fit.

8. Meningkatkan Energi

Kencur sangat baik dalam mengembalikan atau meningkatkan energi. Anda cukup merebus satu ruas kencur dengan satu gelas air dan minum setiap malam sebelum tidur. Keesokan harinya Anda akan merasakan tubuh segar dan energik.

Sekadar informasi, banyak dupa dari Tibet dan Jepang masih mengandung kencur, terutama dalam formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan yang damai dan kontemplatif.

9. Obat Sakit Kepala

Manfaat kencur untuk kesehatan bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain. Meskipun bisa menggunakan obat-obatan generik yang dapat meredakan sakit kepala dengan mudah, kencur dapat menjadi pilihan alternatif karena sangat aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping. 

Obat-obatan generik di pasaran mengandung banyak senyawa kimia yang bisa berbahaya. Jika mengonsumsinya setiap hari kemungkinan memiliki beberapa dampak negatif pada sebagian orang. Lagi pula, ketergantungan pada obat-obatan perlu dihindari dan diminimalkan karena dapat berdampak buruk pada tubuh.

10. Mencegah Jerawat

Khasiat kencur juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat. Kencur berguna untuk mencegah hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, membuat jerawat yang hendak muncul kemudian bisa menghilang.

Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang haid karena haid terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang cepat di wajah.

Baca Juga: 10 Manfaat Rempah-Rempah Berdasarkan Jenisnya (Lengkap)

11. Melangsingkan Tubuh

Khasiat kencur untuk kesehatan juga bisa menurunkan berat badan, lho! Cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Mengonsumsi kencur dapat melangsingkan tubuh secara alami. Berbagai jenis zat di dalamnya menjadikan kencur mampu melangsingkan tubuh dan membuat Anda percaya diri.

12. Mengontrol Kolesterol Jahat

Jamu yang terbuat dari kencur dapat membantu produksi empedu dalam tubuh. Cairan empedu yang mengalir bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin. Jika makanan bisa diserap dengan baik, maka kadar kolesterol akan menurun.

_

Mencari bahan herbal untuk pengobatan memang tidaklah sulit. Anda bahkan bisa mencari di dapur sendiri seperti tanaman kencur ini. Namun meskipun manfaatnya banyak, beberapa manfaat kencur untuk kesehatan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya sebagai obat.

Maka dari itu, gunakanlah kencur dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Jika penyakit Anda tidak membaik setelah menggunakan obat herbal, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

 

  1. Anonim. 2020. 17 Health Benefits of Kaempferia Galanga #Top Asian Herbal. https://drhealthbenefits.com/herbal/health-benefits-of-kaempferia-galanga. (Diakses pada 31 Maret 2020)
  2. Anonim. 2017. Kencur: The Wonderful Herb with Many Benefits. https://www.indoindians.com/kencur-the-wonderful-herb-with-many-benefits/. (Diakses pada 31 Maret 2020)
  3. Srivastava, Nupur et al. 2019. Aromatic ginger (Kaempferia galanga L.) extracts with ameliorative and protective potential as a functional food, beyond its flavor and nutritional benefits. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2214750019300393. (Diakses pada 31 Maret 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi