Amankah Kencing Sambil Berdiri?

doktersehat-toilet-umum

DokterSehat.Com– Buang air kecil atau kencing merupakan salah satu akvitias atau kondisi alamiah yang dialami oleh setiap orang, semua usia ataupun jenis kelamin. Aktivitas ini ditandai dengan keluarnya urin atau air seni dari kelamin.

Kencing sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti membersihkan racun di dalam tubuh dari filter yang dilakukan oleh ginjal. Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang tidak bisa kencing dengan lancar akan merasa kesakitan dan harus dirawat secara khusus oleh tim medis.

Karena begitu pentingnya kencing, maka setiap pakar kesehatan menyarankan kepada semua orang agar banyak-banyak
Nah, bicara mengenai kencing, ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah posisi kencing yang kerap kali menjadi perdebatan oleh pegiat dan pelaku kesehatan.

Pasalnya, sampai saat ini ada dua posisi kencing yang menjadi favorit bagi kebanyakan orang, yaitu berdiri dan jongkok. Perdebatan tersebut seputar manfaat serta kelebihan dan kekurangan antara kencing berdiri dan kencing jongkok.

Menurut Anda, posisi mana yang paling sehat dan baik untuk dilakukan?

Perlu diketahui sebelumnya, posisi kencing memang penting untuk menjaga kesehatan serta keseimbangan hormon di dalam tubuh. Salah satu posisi kencing yang sehat adalah dengan jongkok. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih posisi jongkok dalam untuk kencing.

Tapi, ternyata penjelasannya tak sampai di situ saja. Pasalnya, ada sebuah fakta menarik yang perlu Anda ketahui pula.
Fakta tersebut adalah mengenai kondisi tubuh serta kesehatan seseorang yang ternyata tidak terpengaruh dari posisi kencing. Sebenarnya, seseorang yang sehat tidak akan banyak terpengaruh oleh posisi kencingnya. Baik dia kencing dengan jongkok ataupun berdiri, sama saja baik bagi tubuhnya, selagi dia sehat.

Hal senada juga disampaikan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Plos One, menyebutkan bahwa posisi kencing seseorang memang tidak berpengaruh banyak bagi kondisi tubuh dan kesehatannya.

Sebab, jika pada dasarnya seseorang sudah dalam kondisi yang sehat, maka posisi kencing apapun akan terasa biasa saja. Namun, posisi jongkok memang cukup direkomendasikan dengan alasan agar kotoran sisa filter bisa terpancing dan keluar secara lancar.