Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda memiliki teman yang menderita kanker? Pada umumnya, penderita kanker pasti mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Orang yang menderita kanker, baik jenis kanker apapun akan terlihat semakin kurus secara berkala, bahkan sampai-sampai hanya terlihat tulang saja jika sudah memasuki periode batas. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kenapa penderita kanker terus mengalami penyusutan pada tubuhnya?

Inilah Alasan Mengapa Penderita Kanker Menjadi Sangat Kurus

Perlu diketahui sebelumnya, penderita kanker memang banyak yang mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Tapi perlu diketahui pula, penurunan berat badan itu tidaklah terjadi pada setiap penderita kanker. Pasalnya, masih ada beberapa penderita kanker yang berhasil melawan sel ganas itu sehingga tubuhnya tetap pada bentuk yang normal (tidak menyusut).

Dilansir dari laman Cosmopolitan, dikemukakan bahwa 80 persen penderita kanker mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Hal tersebut dikarenakan perubahan sistem metabolisme dalam tubuh. Umumnya, tubuh orang yang normal akan mengubah makanan menjadi energi secara baik sehingga fisik menjadi bugar. Namun, tidak bagi penderita kanker. Pasien kanker biasanya kehilangan nafsu makan yang sangat besar akibat sel ganas yang menggerogoti kesehatan.

Dengan tidak stabilnya jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka sistem metabolisme pun menjadi berubah dan akan kacau. Lantas, ketika sudah seperti itu, mau tidak mau tubuh akan menyusut dengan sendirinya secara perlahan. Jika terus dibiarkan, maka akan semakin parah kondisinya. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya tim medis melakukan berbagai macam cara, misalnya memberi nutrisi lewat pembuluh darah atau sejenisnya.

Namun, perlu diingat lagi seperti yang disebutkan di atas, bahwa tidak semua penderita kanker akan mengalami penyusutan tubuh. Justru bagi pasien yang berhasil mengontrol tubuhnya, bisa mendapatkan nafsu makan yang tidak terganggu sehingga tidak terjadi perubahan sistem metabolisme di dalam tubuhnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi