Jenis-Jenis Gatal dan Penyebabnya

Doktersehat-10-Perawatan-Kulit-yang-Harus-Anda-Ketahui

DokterSehat.com – Gatal adalah perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Penggarukan inilah menyebabkan kulit menjadi merah yang di sebabkan oleh iritasi, gatal terjadi karena adanya reaksi alergi bahan kimia, makanan, sengatan serangga, sinar matahari, dan obat-obatan. Meskipun gatal bukanlah suatu penyakit yang mengkhawatirkan. Tapi jika di biarkan begitu saja, maka akan mengalami masalah yang lebih serius seperti luka garukan menjadi infeksi, bakteri dan virus menjadi mudah masuk sehingga menyebabkan nanah. Hal inilah yang bisa masuk ke bagian tubuh lainnya dan berakibat fatal bahkan kematian.

Jenis dan Penyebab Gatal

Kulit berfungsi sebagai penghalang, melindungi bagian dalam tubuh. Kulit dipenuhi dengan sel-sel khusus dari sistem kekebalan yang melindungi tubuh dan kulit dari virus, bakteri, dan ancaman tersembunyi lainnya.

Setelah sel-sel kulit mendeteksi semua jenis zat yang mencurigakan, mereka memicu reaksi yang menyebabkan area tersebut menjadi meradang. Peradangan ini disebut sebagai ruam atau dermatitis. Ini bisa menyebabkan gatal.

Sel-sel kekebalan dapat bereaksi terhadap sesuatu yang menyentuh kulit, infeksi seluruh tubuh, atau penyakit. Beberapa ruam merah, menyakitkan, dan iritasi sementara yang lain dapat menyebabkan lecet atau bercak pada kulit.

Gatal adalah gejala yang sering terjadi pada banyak keluhan kulit. Kulit bisa gatal di seluruh tubuh atau hanya di area tertentu.

Berikut beberapa jenis gatal dan kenali penyebab gatal pada kulit:

1. Hives

Hives juga dikenal sebagai urtikaria dan bilur, muncul sebagai benjolan merah muda dan merah yang gatal yang muncul di tubuh dan memudar dalam beberapa jam. Benjolan baru muncul dan menghilang dan kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau enam minggu atau lebih. Skinsight mencatat bahwa hampir 90 persen wabah hives tidak pernah dikaitkan dengan penyebab atau pemicu. Para profesional kesehatan percaya bahwa letupan hives adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh. Hives dipicu oleh alergi, kondisi medis, stres, obat-obatan dan infeksi.

2. Ruam

Ruam muncul pada kulit sebagai area kulit yang merah dan gatal yang mungkin terganggu, bengkak atau bergelombang. Ruam dapat muncul sebagai lepuhan atau kulit mungkin menjadi bersisik atau berkerak. Penyebab ruam termasuk kondisi medis, alergi dan zat seperti poison ivy atau bahan kimia yang mengiritasi kulit.

Riasan genetik atau alergi Anda dapat membuat Anda rentan terhadap ruam. Ruam sering disebabkan oleh dermatitis kontak, menurut MedlinePlus. Anda mungkin mengalami ruam sangat cepat atau mungkin perlu beberapa hari untuk muncul. Menggaruk ruam biasanya mengganggu penyembuhan. Perawatan mungkin termasuk salep atau obat yang meredakan gatal.

3. Kulit kering

Jenis gatal yang sering dialami adalah kulit kering, juga disebut xerosis, adalah jenis kulit yang gatal, menurut CNN Health. Dengan kulit kering, Anda tidak melihat perubahan kulit lainnya dan tampaknya faktor lingkungan adalah penyebab kulit kering Anda. Ekstrem dalam cuaca, kelembaban rendah, dan penggunaan pemanasan sentral atau AC yang ekstensif dapat menyebabkan kulit kering.

Kulit Anda bisa menjadi kering jika terlalu sering mandi. Anda dapat mengobati dan menyembuhkan kulit kering yang disebabkan oleh praktik lingkungan atau kebiasaan pribadi dengan membuat perubahan dan menggunakan produk yang mengurangi rasa gatal dan mengganti kelembapan di kulit Anda.

4. Bercak bulat

Infeksi jamur atau tinea berkembang di lapisan atas kulit dan tampak sebagai bercak pipih, bulat, gatal pada kulit, laporkan situs N.Y. Times Health. Infeksi ini termasuk kaki atlet, kurap, dan atlet gatal. Perawatan biasanya melibatkan salep obat.

5. Kulit kasar dan Bersisik

Psoriasis, yang merupakan penyakit kulit, menyebabkan kulit kasar dan sisik yang berwarna perak. Psoriasis adalah kondisi kronis dari sistem kekebalan yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit, kata MedlinePlus. Kondisi ini sering menyebabkan berkembangnya bercak-bercak merah, kering, kulit gatal yang bisa menjadi menyakitkan.

Pengobatan Gatal

Pengobatan gatal kuliut dapat di lakukan dengan cara melihat apa yang menjadi penyebab gatal. Untuk orang-orang yang menderita kulit kering, pelembab yang baik mungkin semua yang dibutuhkan.

1. Eksim, dermatitis, atau gatal-gatal

Ini dan kondisi kulit lainnya mungkin direkomendasikan krim kortikosteroid oleh spesialis kulit. Ini dapat diaplikasikan langsung ke kulit untuk membantu gatal. Penghambat calcineurin topikal dan antihistamin oral juga dapat membantu meredakan gatal.

2. Alergi

Antihistamin oral adalah obat anti-alergi yang umum. Mereka dapat diresepkan atau dibeli apotik. Contohnya termasuk Zyrtec, Claritin, dan Benadryl.

3. Infeksi jamur

Kurap, kaki atlet, dan infeksi jamur lainnya dapat diobati dengan pengobatan antijamur. Perawatan topikal termasuk krim dan sampo. Untuk infeksi berat, dokter mungkin meresepkan obat oral. Terbinafine, atau Lamisil, biasanya digunakan.

4. Gigitan serangga dan sengatan

Antihistamin topikal dapat meredakan gatal. Untuk mencegah gigitan, gunakan pengusir serangga, gunakan kelambu tempat tidur, dan jaga tubuh tetap tertutup dengan pakaian.

Orang-orang yang mengalami psoriasis atau gagal ginjal mungkin direkomendasikan perawatan alternatif jika ada alasan untuk menghindari terapi obat. Terapi cahaya atau fototerapi adalah salah satu metode perawatan seperti itu. Perawatan melibatkan mengekspos kulit ke panjang gelombang cahaya ultraviolet tertentu untuk membantu mengatasi rasa gatal.