Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Meksipun terkesan sepele, namun jika dibiarkan cacingan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak.

Kenali Penyebab Cacingan pada Anak dan Cara Pencegahannya

Photo Credit: pexels.com

Penyebab cacingan pada anak

Cacingan adalah salah satu gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh segala umur, namun lebih banyak menyerang anak-anak. Penyakit cacingan di Indonesia umumnya disebabkan oleh cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Orang tua perlu waspada pada penyakit cacingan karena penyakit ini mudah menular.

Anak dapat terkena cacingan dari beberapa hal berikut ini:

1. Tangan yang kurang bersih
Anak-anak pasti suka bermain di luar rumah kan Bunda? Kadang-kadang anak bermain pasir atau bermain tanah yang di dalamnya terdapat telur cacing. Oleh karena itu Anda harus memastikan anak sudah mencuci bersih tangan dan kakinya setelah bermain di luar rumah. Jika tangan dan kaki anak kurang bersih, maka kemungkinan telur cacing tersebut ikut masuk ke dalam makanan melalui tangan anak dan berkembang biak di dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Makanan yang tidak dimasak dengan baik
Saat memasak makanan, masaklah makanan hingga matang. Makanan yang masih mentah atau setengah matang kemungkinan dapat mengandung cacing yang belum mati dan dapat berkembang biak dengan bebas.

3. Kebersihan area genital yang tidak terjaga

Salah satu jenis cacingan yang sering dialami anak adalah cacing kremi yang ditandai dengan munculnya gatal di daerah anus. Hal ini dapat disebabkan oleh kebersihan anus yang kurang terjaga dengan baik. Selalu bersihkan anus anak dengan baik setelah buang air besar dan juga bersihkan kuku anak untuk menghindari penularan telur cacing.

Gejala cacingan pada anak

Gejala cacingan pada anak dapat berbeda-beda, tergantung jenis cacing yang menginfeksi anak. Namun secara umum anak yang cacingan memiliki gejala lemah, lesu dan tidak nafsu makan, berat badan turun, nyeri di bagian perut dan terdapat cacing di tinja anak.

Cara mencegah cacingan pada anak

Beberapa cara untuk mencegah cacingan pada anak antara lain:
1. Menjaga kebersihan kuku dan area genital anak
2. Jaga kebersihan selimut, sprei, dan pakaian anak
3. Olah makanan dengan baik, bersih dan masak hingga matang
4. Ajak anak untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas, terutama setelah bermain di tempat kotor
5. Rutin minum obat cacing untuk pencegahan


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi