Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hampir semua orang tahu apa itu rumput laut dan bagaimana rasanya. Rumput laut merupakan jenis tumbuhan liar yang tumbuh di dalam laut. Selain tumbuh di dalam laut, rumput laut juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat sekitar pantai.

Kenali Manfaat Baik Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rumput laut memiliki rasa yang sangat enak, sehingga bisa dijadikan berbagai macam olahan makanan dan juga bisa ditambahkan ke dalam makanan ringan sebagai perasa. Rumput laut mengandung banyak nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin F, vitamin K, mineral dan asam lemak. Tak heran jika rumput laut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat dari rumput laut yang perlu Anda ketahui.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan harus selalu dijaga agar tidak mengalami masalah buang air besar yang akan mengganggu. Tidak hanya buah dan sayur saja yang dapat melancarkan pencernaan, ternyata rumput laut juga sama, karena rumput laut mengandung serat alami berupa alginate yang dapat mengurangi penyerapan lemak serta dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, rumput laut juga bagus dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan oleh serat yang terdapat didalam rumput laut tersebut.

  • Mencegah Kanker

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kanker merupakan penyakit berbahaya yang sangat ditakuti. Kanker bisa menyebabkan kematian, sehingga banyak orang yang berusaha untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dengan berbagai cara. Tahukah Anda bahwa rumput laut juga bisa mencegah kanker. Hal itu bisa terjadi karena rumput laut mengandung vitamin C yang befungsi sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker pada tubuh Anda. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam rumput laut juga bermanfaat untuk kecantikan, yakni membuat kulit tampak cerah dan lembab.

  • Merawat Kulit Wajah

Kulit wajah yang sehat, mulus dan tidak kusam adalah dambaan setiap wanita. Tak heran jika meraka akan melakukan perawatan kulit di salon dengan mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya. Namun, jika Anda menyukai rumput laut, Anda akan memperoleh manfaat baik dari rumput laut yaitu dapat merawat kulit wajah. Hal itu dikarenakan kandungan senyawa fenol yang terkandung di dalam rumput laut yang berfungsi sebagai antioksidan dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Gunakanlah rumput laut sebagai masker wajah dan dapatkan kulit sehat serta terhindar dari penuaan dini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  • Menjaga Kepadatan Tulang

masalah tulang seperti tulang keropos, lordosis, atau osteoporosis akan mengintai jika Anda tidak menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Umumnya, untuk mencegah masalah tulang tersebut Anda akan mengonsumsi susu yang bermanfaat baik untuk kesehatan tulang. Tidak hanya susu, ternyata rumput laut juga memiliki manfaat yang sama. Ada baiknya jika Anda mengonsumsi rumput laut secara rutin untuk mencegah tulang Anda dari risiko tulang keropos.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi