Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika Anda melihat si kecil senang menarik rambutnya sendiri, apa yang Anda rasakan? Anak yang menarik rambutnya sendiri sebenarnya merupakan hal yang sering terjadi pada anak-anak. Namun apabila Anda melihat kebiasaan ini tidak berkurang, maka Anda patut waspada.

Kenali Kebiasaan Anak Suka Menarik Rambutnya Sendiri

Penyebab anak menarik rambutnya

Ada beberapa penyebab anak senang menarik rambutnya sendiri. Bisa disebabkan karena kondisi emosinya yang sedang tidak stabil seperti stres, lelah, takut atau panik. Selain karena kondisi emosi, anak senang menarik rambut juga bisa disebabkan oleh kondisi trichotillomania, yaitu kondisi psikologis anak yang menyebabkan anak senang menarik rambutnya.

Cara mencegah anak menarik rambutnya

Salah satu cara terbaik menghentikan anak menarik rambutnya adalah dengan mengalihkan perhatian anak agar ia berhenti melakukannya.

Anda bisa mengalihkannya segera ke mainan yang ia sukai atau ke hal lain yang ada di sekitar anak. Selain itu Anda juga bisa memberikan anak mainan boneka dengan rambut atau bulu tertentu agar anak dapat mengalihkan perhatiannya pada boneka tersebut.

Saat mendapati anak menarik-narik rambutnya tanpa sebab, sebaiknya hindari memarahinya karena akan membuatnya takut. Lepaskan rambut anak Anda dengan perlahan dan alihkan perhatiannya ke hal yang lain. Jika ini terjadi pada anak Anda yang berusia balita dan sudah dapat menjelaskan alasannya, maka sebaiknya tanyakan padanya mengenai kebiasaannya tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Jika anak Anda memang terkena trichotillomania, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau psikolog. Para ahli menduga bahwa anak dengan kondisi ini memiliki sinyal kimia otak yang tidak berfungsi dengan baik sehingga dapat memicu orang menarik rambut. Umumnya anak dengan trichotillomania susah menahan dorongan untuk menarik rambut sama seperti orang normal susah menahan keinginan untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. Namun demikian, bukan berarti trichitillomania tidak dapat disembuhkan. Dengan konsultasi pada terapis tang tepat, maka kondisi tersebut dapat diatasi dengan baik.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi