Mengenali Jenis-Jenis Penyakit Tulang

Doktersehat-jenis-jenis-penyakit-tulang

DokterSehat.Com – Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Namun, penyakit tulang bisa menyerang kapan saja, jika tidak menjaga kesehatan tulang.

Penyakit tulang atau kelainan tulang memang bisa sangat mengganggu aktivitas Anda, hal ini karena fungsi tulang yang seharusnya berjalan secara normal menjadi tidak normal.

Jenis Penyakit Tulang

Berikut ini macam-macam penyakit tulang yang harus Anda ketahui:

1. Kaki bengkok

Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Penyakit tulang yang satu ini bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.

Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis profesional.

baca juga: Jangan Berlebihan, 3 Makanan Ini Bisa Merusak Tulang

2. Pembengkakan ibu jari (bunion)

Bunion adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit pada tulang ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.

Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

3. Calcaneal spur (sakit pada tumit)

Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit. Penyakit tulang kaki ini dapat diatadi dengan merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari. Cara ini dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit

4. Osteoarthritis

Penyakit tulang ini sebagian besar terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit ini merupakan arthritis yang tidak menimbulkan peradangan pada sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul. Penyakit ini adalah nama lain dari rematik.

5. Penyakit pirai (gout)

Penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia dan terjadi secara berulang. Penyakit pada tulang ini ditandai dengan perasaan nyeri pada tulang atau biasa disebut flu tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab lainnya karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

Beberapa penyakit seperti chikungunya dan osteomyelitis tidak jarang diartikan atau disebut sebagai flu tulang.

6. Sarcoidosis

Penyakit tulang ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata, kulit juga jaringan lainnya.

7. Systemic lupus erythematosus (SLE)

SLE atau nama lainnya adalah lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis. Penyakit pada tulang ini disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri.

Orang yang menderita lupus biasanya akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang mereka. Penyakit ini belum diketahui obatnya dan sangat sulit dipahami oleh beberapa dokter di dunia.

8. Kiposis

Kiposis adalah kelainan pada tulang belakang yang membuat tubuh Anda terlihat bungkuk karena tulang melengkung ke depan.

9. Keseleo atau terkilir

Penyakit tulang atau gangguan yang terjadi pada sendi ini menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

10. Osteoporosis

Gangguan ini akan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Penyakit pada tulang ini biasanya menyerang orang yang berusia lanjut.

11. Rakitis

Penyakit tulang kaki ini dapat mengganggu penampilan Anda, terutapa pada kaki. Beberapa orang yang tidak mau mengonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang kakinya bisa menjadi bengkok membentuk huruf O atau X.

baca juga: 4 Gangguan Tulang pada Balita yang Perlu Diketahui Orang Tua

12. Mikrosefalus

Penyakit kelainan pada pertumbuhan tulang terutama bagian tengkorak kepala. Jika mengalami kelainan ini, kepala penderita akan terlihat lebih kecil dari manusia normal pada umumnya.

13. Skoliosis

Penderita yang mengalami penyakit pada tulang ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh. Tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri maupun kanan.

Apakah macam-macam penyakit tulang ini bisa dicegah?

Beberapa contoh penyakit tulang di atas sebetulnya dapat dicegah dengan mengonsumsi kalsium yang seimbang karena kalsium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kelainan tulang bisa terjadi pada siapa saja.

Oleh karena itu, untuk menghindari kelainan tulang atau penyakit yang berhubungan dengan tulang, Anda harus memastikan bahwa tulang Anda selalu sehat. Sumber makanan yang tinggi kalsium di antaranya adalah susu, kacang almond, brokoli, kale, ikan salmon kalengan dengan tulang, ikan sarden, dan produk olahan kedelai seperti tahu.

Selengkapnya berikut ini tips menyehatkan tulang yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Cara Menjaga Tulang Tetap Sehat

Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mencegah penyakit tulang atau memperlambat pengeroposan tulang, berikut di antaranya:

1. Jumlah asupan kalsium

Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan pria usia 51 hingga 70 tahun, Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah 1.000 miligram (mg) kalsium per hari. Rekomendasi meningkat menjadi 1.200 mg per hari untuk wanita setelah usia 50 dan untuk pria setelah usia 70 tahun.

3. Konsumsi makanan berkalsium

Sumber kalsium yang baik termasuk produk susu, almond, brokoli, kale, salmon kaleng dengan tulang, sarden dan produk kedelai, seperti tahu dan tempe. Jika Anda merasa sulit mendapatkan cukup kalsium dari makanan yang Anda konsumsi, konsultasikan dengan dokter tentang suplemen.

3. Jumlah asupan vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Untuk orang dewasa usia 19 hingga 70, AKG vitamin D adalah 600 unit internasional (IUs) sehari. Rekomendasi tersebut meningkat menjadi 800 IU per hari untuk orang dewasa berusia 71 dan lebih tua.

4. Konsumsi makanan sumber vitamin D

Sumber vitamin D yang bagus termasuk ikan berminyak, seperti tuna dan sarden, kuning telur, dan susu yang diperkaya. Sinar matahari juga berkontribusi terhadap produksi vitamin D pada tubuh. Jika Anda khawatir mendapat cukup vitamin D, tanyakan pada dokter tentang suplemen.

5. Tetap aktif

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Latihan beban, seperti berjalan, joging, tenis, dan naik tangga, dapat membantu membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang.

6. Hindari rokok dan alkohol

Hindari penyalahgunaan zat – Jangan merokok dan hindari minum lebih dari dua minuman beralkohol sehari, bahkan hindari sama sekali.

Itulan macam-macam penyakit tulang hingga cara menyehatkan tulang Anda, Teman Sehat!