Kenali, Inilah Tanda-Tanda Anda Mengalami Dehidrasi!

tanda-dehidrasi-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Manusia dianjurkan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari agar tetap sehat. Percaya atau tidak, ternyata 70% kandungan tubuh manusia terdiri dari air. Maka tidak heran jika manusia mampu bertahan hidup tanpa makan selama 3 minggu, namun tidak dengan minum yang membuat manusia tidak bisa bertahan hidup lebih dari 1 minggu jika tidak minum air putih.

Photo Credit : pexels.com

Selain itu, dampak buruk jika Anda kurang minum air putih adalah Anda bisa mengalami dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka kemungkinan besar Ada akan terjangkin penyakit yang berbahaya seperti mual, sakit kepala, bahkan gagal ginjal.

Untuk itu, penting sekali untuk Anda mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda akan timbulnya dehidrasi sehingga Anda bisa segera mengatasinya sebelum Anda terjangkit penyakit yang berbahaya. Berikut adalah tanda-tanda akan timbulnya dehidrasi:

  • Haus

Kurang minum umumnya akan menimbulkan rasa haus. Rasa haus yang berlebihan juga akan membuat tubuh menjadi cepat letih. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Pekerjaan yang harusnya selesai daam satu hari, jadi terhambat karena Anda merasa sangat letih untuk mengerjakannya.

  • Mulut Kering dan Nafas Bau

Kurang minum juga akan membuat mulut Anda terasa kering. Selain itu, nafas Anda juga akan terasa bau meskipun Anda telah menjaga kebersihannya. Ini disebabkan karena produksiĀ  air liur tidak cukup untuk diminum sehingga mulut Anda akan menjadi kering dan nafas menjadi bau. Perlu Anda ketahui bahwa ini adaah tanda Anda mengalami dehidrasi yang serius.

  • Kulit Kering

Jika cuaca sangat bagu dan tidak panas, serta Anda sudah melakukan perawatan kulit namun kulit Anda masih kering, itu tandanya Anda kurang minum dan sudah mengalami dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan kulit menjadi kering. Sebab jika cair dalam tubuh berkurang maka PH kulit akan menurun.

  • Air Seni Kuning Pekat

Saat Anda kurang cairan dalam tubuh, maka air seni Anda akan berubah warna menjadi kuning pekat. Ini tandanya Anda memerlukan cairan atau air yang cukup untuk masuk ke dalam tubuh dengan cepat karena ini tanda bahwa Anda sudah mengakami dehidrasi sedang hingga parah.