Kenali Gejala Penyakit Berbahaya dari Kaki hingga Kepala!

kepala-pusing-doktersehat

DokterSehat.Com – Penyakit berbahaya biasanya akan menunjukkan gejala yang serius bila kondisinya sudah memburuk. Namun, gejala awalnya penyakit mematikan biasanya mirip dengan penyakit yang sering Anda alami. Oleh karena itu, jangan remehkan rasa nyeri di seluruh bagian tubuh Anda.

Gejala Penyakit dari Kaki hingga Kepala

Berikut beberapa gejala awal penyakit mematikan yang patut Anda waspadai:

1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang sering dialami seseorang bisa jadi merupakan gejala perdarahan otak atau tumor otak. Selain itu, menurut juru bicara American College of Physicians, Sandra Fryhofer, sakit kepala yang disertai demam juga bisa jadi menunjukkan gejala penyakit sinus.

2. Rasa tidak nyaman di dada

Rasa nyeri atau tidak nyaman di dada sering dikaitkan dengan gejala penyakit jantung dan pneumonia (inflamasi paru-paru). Gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung biasanya ditandai dengan rasa nyeri di dada sebelah kiri atas kemudian menjalar ke bahu kiri dan lengan, bahkan disertai dengan mual.

Pada wanita gejala penyakit jantung tidak begitu kentara. Rasa tidak nyaman atau sakit di perut yang kerap dialami wanita bisa jadi merupakan gejala awal penyakit jantung.

3. Nyeri punggung bagian bawah

Rasa nyeri di punggung bagian bawah tidak hanya menunjukkan adanya penyakit arhtritis. Tapi, juga bisa mengindikasikan gejala awal serangan jantung dan masalah kesehatan perut. Bahayanya, bila seseorang mempunyai latar belakang diabetes, tekanan darah tinggi, dan kebiasaan merokok bisa jadi menyebabkan diseksi aorta yakni pecahnya pembuluh darah aorta.

4. Sakit perut

Perut merupakan “wadah” organ-organ penting tubuh. Oleh karena itu, Anda patut waspada bila mengalami sakit perut. Sakit perut di bagian kiri bisa menunjukkan adanya masalah pada lambung. Sementara sakit di bagian kanan menandakan ganggauan liver dan kandung empedu.

5. Nyeri di betis

Jangan remehkan nyeri di bagian betis karena gejala ini bisa menandakan terjadinya darah beku di pembuluh darah betis atau Deep Vein Thrombosis (DVT). Bekuan darah ini dapat menyebabkan kematian bila terbawa sampai ke paru-paru (pulmonary embolism).

6. Rasa terbakar di kaki

Gejala awal penyakit diabetes sering ditandai dengan rasa sakit seperti ditusuk jarum dan terbakar di bagian kaki dan tungkai. Kondisi ini akan terjadi bila adanya kerusakan saraf.

7. Mati rasa tiba-tiba

Tanda-tanda stroke termasuk wajah terkulai, kelemahan lengan, kesulitan berbicara, rasa pusing cepat berkembang atau keseimbangan, mati rasa tiba-tiba atau kelemahan, kehilangan penglihatan, kebingungan, atau sakit kepala parah.

8. Iritasi di area genital

Gejala masalah kesehatan reproduksi termasuk perdarahan atau bercak di antara periode; gatal, terbakar, atau iritasi daerah genital; nyeri atau tidak nyaman saat berhubungan seks; perdarahan menstruasi yang berat atau menyakitkan; nyeri panggul atau perut yang parah; keputihan yang tidak biasa; perasaan kenyang di perut bagian bawah; dan sering buang air kecil atau urgensi kemih.

9. Sesak napas

Gejala masalah paru-paru termasuk batuk darah, sesak napas, kesulitan bernapas, batuk kronis, serangan bronkitis atau pneumonia berulang, dan mengi.

10. Sulit BAK

Gejala masalah kandung kemih termasuk sulit buang air kecil (BAK) atau menyakitkan, sering buang air kecil, kehilangan kontrol kandung kemih, darah dalam urin, sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil atau membasahi tempat tidur di malam hari, atau urine bocor.

11. Rasa sakit samar atau tidak terdeteksi secara medis

Rasa sakit samar-samar kerap dialami seseorang yang mengalami depresi, seperti sakit perut dan sakit kepala samar-samar. Walaupun tidak menunjukkan gejala yang serius, tapi masalah ini juga perlu diwaspadai sebelum mengakibatkan perubahan-perubahan struktural otak.

Sebaiknya segera hubungi dokter jika Anda mengalami beberapa gejala di atas yang berkepanjangan.