Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Gangguan atau penyakit di dalam tubuh sebenarnya bisa dideteksi oleh reaksi air seni yang kita keluarkan saat sedang buang air kecil. Namun, tak jarang pula orang yang mengabaikan ini dan menganggap bahwa air seni tidak ada hubungannya dengan kesehatan. Walaupun terkadang mereka sadar jika ada reaksi berbeda pada air seninya, misal warna yang berubah-ubah, namun hal tersebut seringkali diacuhkan.

Kenali Gangguan Kesehatan dengan Melihat Reaksi Air Seni

Mulai sekarang jika Anda mengalami reaksi yang tidak biasa saat buang air kecil, jangan pernah mengacuhkan hal tersebut. Sebab, pada beberapa penelitian telah menemukan hasil bahwa, air seni dapat dijadikan sebagai indikasi dari gangguan atau penyakit yang sedang dialami oleh seseorang. Dilansir dari laman Womenshealthmag, berikut adalah gejala atau reaksi air seni yang harus diperhatikan.

1. Air Seni Keruh

Pernahkah Anda mengeluarkan air seni ketika kencing? Jika pernah, maka Anda harus waspada. Sebab air seni yang keruh merupakan sebuah pertanda bahwa tubuh Anda, terutama bagian vital sedang mengalami infeksi. Keruhnya air seni itu juga merupakan sebuah hasil perlawanan sistem tubuh terhadap virus atau bakteri. Jika air seni tetap keruh dalam beberapa hari, ada baiknya Anda segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Sensasi Panas

Ketika Anda sedang kencing dan disertai rasa panas pada organ intim, maka Anda harus waspada betul. Pasalnya rasa panas dan sensasi terbakar tersebut bisa dikarenakan bahwa Anda sedang mengalami penyakit kelamin, misalnya infeksi kandung kemih ataupun penyakit menular seksual.

3. Selalu Ingin Buang Air

Normalnya seseorang akan kencing dalam selang waktu beberapa jam. Namun, jika keinginan buang air kecil tersebut sangat intens dan sering datang, maka bisa jadi Anda sedang dalam keadaan tidak sehat. Apalagi saat kencing tidak ada air seni yang dikeluarkan. Itu adalah sebuah tanda bahwa utera sedang meradang dan terjadi iritasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Berbau Manis

Umumnya kencing seseorang pasti berbau pesing. Dan ada pula yang tidak berbau. Namun, apa jadinya jika air seni berubah aromanya menjadi manis? Kejadian itu bisa mengindikasi bahwa Anda sedang terancam serangan diabetes karena tingkatan kadar gula yang sedang melonjak. Cobalah untuk mengurangi gula beberapa waktu dan tunggu hingga air seni kembali beraroma seperti biasanya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi