Kenali 4 Manfaat Bola Basket untuk Kesehatan Wanita

manfaat-basket-untuk-wanita-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bola basket merupakan sebuah olahraga atau permainan yang diciptakan pada tahun 1891 dan paling populer di Amerika Serikat. Olahraga bola basket bisa dilakukan oleh semua jenis kelamin baik pria maupun wanita. Dibutuhkan latihan khusus dan energi yang besar dalam melakukan olahraga ini.

Photo Credit : pexels.com

Biasanya saat masih sekolah, bola basket merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati untuk dimasukkan ke agenda ekstrakurikuler. Banyak yang beranggapan bahwa pemain bola basket rata-rata memiliki wajah menarik dan bentuk tubuh yang bagus.

Tahukan Anda, bahwa olahraga bola basket memiliki manfaat yang sangat besar bagi wanita? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin bermain bola basket:

1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga apapun pasti memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, tak terkecuali dengan olahraga basket. Selain itu, olahraga bola basket juga dapat membantu membangun massa otot seperti yang Anda ketahui bahwa otot dapat membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Dalam olahraga ini, Anda bisa membakar sekitar 700-750 kalori per jam dengan melakukan gerakan dribbling, pasing, lompat, dan berlari.

2. Baik untuk Pertumbuhan

Jika Anda memiliki pertumbuhan yang sangat lambat, Anda bisa memilih olahraga basket. Olahraga ini ditengarai dapat meninggikan badan, layaknya berenang. Apalagi jika Anda bermain bola basket sejak dini, maka Anda akan memiliki kecenderungan pertumbuhan tubuh yang lebih baik dibanding dengan mereka yang tidak.

3. Menstabilkan Hormon

Disfungsi hormon biasanya akan dialami oleh wanita terutama wanita muda. Selain itu, mereka kerap mengalami metabolisme tubuh yang kurang kuat. Hal tersebut terjadi karena otot perut yang kendur. Jika Anda ingin mengalami masalah tersebut, maka Anda perlu mencoba untuk bermain bola basket karena dapat membuat otot perut Anda lebih kencang sehingga terhindar dari masalah metabolisme dan disfungsi hormon.

4. Menghidari Penyakit Tulang

Tentu Anda tidak ingin menderita penyakit tulang yang dapat mengganggu kehidupan Anda. Untuk itu, Anda kerap meminum obat atau melakukan olahraga yang bisa membuat tulang kuat. Olahraga basket juga bisa Anda pilih karena olahraga ini dapat memadatkan tulang Anda, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit tulang seperti lordosis, osteoporosi, dan sebagainya.