Cegah Perut Kembung dengan Minum Teh Hijau

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sering dianggap sebagai hal yang sepele namun bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman adalah perut kembung. Terkadang, kita bahkan bisa sampai kehilangan selera makan atau merasa mual akibat masalah kesehatan ini. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa mengatasinya dengan mudah, yakni dengan mengonsumsi teh hijau.

Ada banyak sekali penyebab dari masalah perut kembung seperti kebiasaan makan terlalu cepat, makan sambil berdiri, konstipasi, terkena sindrom iritasi usus, hingga mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa menyebabkan intoleransi laktosa seperti susu dan produk turunannya.

Menurut pakar kesehatan Kelly-Ann Petrucci, jika kita minum teh hijau, maka kita bisa menghilangkan gas yang terperangkap di dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, kandungan di dalam teh hijau yang berupa senyawa antioksidan ternyata juga bisa menurunkan peradangan dan membuat organ pencernaan menjadi lebih nyaman. Hal ini tentu akan membuat usus menjadi lebih sehat.

“Minumlah teh hijau setelah sarapan, makan siang, dan makan malam demi mencegah masalah perut kembung atau kondisi tidak nyaman lainnya. Teh hijau adalah minuman anti-kembung yang bisa membantu melepaskan gas. Hanya saja, jangan mengonsumsinya terlalu dekat dengan waktu makan. Beri jeda beberapa saat sebelum mengonsumsinya,” saran Kelly-Ann.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal, kita bisa mengonsumsinya 2-3 cangkir dalam sehari. Hanya saja, sebagaimana teh lainnya, minuman ini juga mengandung kafein sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang sensitif atau mengalami gangguan asam lambung. Selain itu, kita juga bisa menambahkan jahe pada teh demi mencegah kesensitivitasan perut setelah mengonsumsinya.

Selain mencegah atau mengatasi perut kembung, teh hijau telah dikenal luas sebagai minuman yang mampu mencegah datangnya kanker. Kandungan antioksidannya mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 30 persen. Bahkan, risiko terkena kanker prostat bisa ditekan hingga 50 persen.

Hanya saja, pastikan untuk tidak mencampurkan teh hijau dengan susu karena hal ini akan menurunkan jumlah antioksidan di dalamnya yang tentu akan membuat manfaatnya berkurang.