Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya menstruasi. Menstruasi sendiri merupakan siklus bulanan wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim. Umumnya, menstruasi akan berlangsung antara 3 sampai 9 hari, walaupun bisa lebih cepat atau lebih lama.

4 Tips Hindari Kembung Saat Menstruasi

Setiap kali tamu bulanan ini datang, akan ada beberapa gejala serta kondisi yang dirasakan oleh wanita. Adapun kondisi tersebut seperti mual, sakit atau kram perut, emosional tak stabil, tubuh pegal-pegal, serta payudara menjadi sensitif dan kadang sakit.

Hal itu adalah kondisi wajar yang akan dialami oleh setiap wanita saat menstruasi. Namun, ada satu lagi kondisi yang cukup membuat tak nyaman, yaitu kembung. Bagi Anda yang pernah merasakannya, tentu saja kondisi ini sangat menyiksa bukan?

Perut seolah-olah penuh, padahal belum makan. Lantas, menjadi sering sendawa. Bahkan, dalam tingkatan yang cukup parah, bisa membuat napas menjadi sesak.

Untuk itu, simaklah tips berikut ini agar tidak terjadi kembung saat menstruasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Hindari Makanan Mengandung Gas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menjaga asupan makanan. Penting bagi Anda untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung gas tinggi, seperti kol, kubis, brokoli, makanan santen, kopi, teh, dan minuman berkarbonasi. Sebab, itu semua justru membuat kembung semakin parah.

2. Kurangi Gula

Selanjutnya, Anda juga dianjurkan untuk mengurangi gula saat sedang menstruasi. Sebab, gula bisa membuat perut menjadi kembung dan memberikan efek lemas pada tubuh. Jika ingin rasa manis, sebaiknya ganti dengan buah-buahan saja, seperti pepaya, semangka, dan buah manis lainnya.

3. Jaga Kualitas Tidur

Penyebab kembung lainnya adalah karena tidur yang tidak baik kualitas serta kuantitasnya. Ketika sedang menstruasi, hormon Anda menjadi tak normal. Jadi alangkah baiknya untuk perbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas melelahkan karena bisa memicu terjadinya perut kembung.

4. Kelola Stres

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mengelola stres dengan baik. Sebab, stres juga menjadi biang kerok dari peningkatan gas pada lambung. Apalagi emosional Anda sedang tidak stabil saat menstruasi, jadi sering-seringlah merileksasikan diri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi