Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika bicara soal bunga kantil, mungkin kita akan langsung membayangkan hal-hal yang mistis. Masyarakat Indonesia memang beranggapan bahwa bunga cantik ini memiliki daya pikat yang bisa mengundang makhluk gaib. Bahkan, bunga ini dipercaya memiliki kekuatan untuk memikat orang lain.

Kembang Kantil, Bunga Mistis yang Bisa Usir Bau Rambut

Terlepas dari berbagai mitos tentang bunga kantil, tanaman yang satu ini memang cukup bermanfaat. Kantil tidak dipergunakan sebagai bahan kosmetik, namun dalam bunga tersimpan zat yang menimbulkan wangi yang khas. Saking kuatnya, bunga kantil bisa menutupi bau kurang sedap di sekitarnya.

Kandungan parfum bunga kantil inilah yang kerap dimanfaatkan untuk wewangian. Dalam upacara pengantin, kantil digunakan sebagai hiasan rambut untuk meminimalisir munculnya bau akibat keringat yang muncul. Itulah sebabnya hampir tidak ada pengantin yang berbau keringat dan tidak sedap walaupun telah seharian mengikuti prosesi pernikahan.

Uniknya, wangi bunga kantil juga bisa mempengaruhi benda-benda yang bersentuhan dengannya. Bahkan setelah dilepas dari kepala, aromanya masih sangat kuat di rambut pemakainya. Karenanya, banyak orang yang menggunakan ekstraknya untuk pemakaian yang lebih lama.

Merendam atau merebus bunga kantil adalah beberapa cara untuk mendapatkan ekstraknya. Saripati bunga yang bercampur dalam air bisa digunakan sebagai pengharum yang efektif. Letakkan air rendaman atau rebusan pada spray, dan Anda bisa menggunakannya kapan saja. Beberapa orang juga meminum air rebusan bunga kantil untuk menghilangkan segala bau yang ada pada tubuh.

Ternyata di balik nuansa mistis bunga kantil ada banyak manfaat yang bisa didapat ya! Makanya, kalau mencium bau bunga ini jangan buru-buru takut karena dia memang punya bahan alami yang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Yuk segera hunting bunga ini di pasar bunga!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi