4 Cara Efektif Menuju Keluarga yang Sehat

keluarga-sehat-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi setiap orang, pasti ingin memiliki keluarga yang lengkap dan sehat, terutama bagi orang tua yang sangat mendambakan anak-anaknya senantiasa sehat dan bahagia. Namun, kadang kala angan-angan tersebut tidaklah menjadi kenyataan akibat pola hidup dan kebiasaan yang diterapkan. Padahal, mendidik anak sedini mungkin untuk hidup sehat amatlah penting.

Sebagai orang tua, hendaknya mengajarkan pola hidup sehat kepada anak sejak dini. Sebab, bagaimanapun juga rumah dan keluarga adalah faktor utama dalam membentuk kepribadian sang anak. Untuk itu, ajarkan kepada anak mengenai hal-hal yang baik dan sehat sebagai kebiasaan serta pola hidupnya. Adapun beberapa kebiasaan sehat tersebut diantaranya:

1. Beraktivitas Setiap Hari

Ajarkan kepada anak untuk selalu beraktivitas setiap hari, tidak bermalas-malasan di kamar. Hal ini bisa dicontohkan dengan mengajak anak berjalan santai di pagi hari mengelilingi kompleks perumahan atau pergi ke taman. Dengan dibiasakan beraktivitas setiap hari, maka anak menjadi terbiasa untuk bergerak sehingga tubuhnya menjadi lebih bugar.

2. Kurangi Pemakaian Gadget

Sebagai orang tua yang bijak, sudah sepatutnya memberi contoh yang terbaik bagi anak, salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan gadget di hadapan mereka. Bagaimanapun juga, anak kecil harus diajarkan bagaimana bersosialisasi kepada lingkungan sekitar. Sebagaimana diketahui, zaman sekarang begitu banyak anak yang kehilangan dunia nyata akibat terlalu asik dengan dunia maya.

3. Memilih Air Putih sebagai Minuman Wajib

Untuk yang satu ini tidak bisa ditawar lagi. Usahakanlah menggunakan air putih sebagai minuman wajib di keluarga. Jadi, apabila haus, si anak langsung menenggak air putih dan setelah makan langsung minum air putih. Dengan begitu, kesehatan akan semakin baik sejak masih kecil.

4. Ajarkan Makan Makanan Sehat

Jangan ajarkan kepada anak untuk terbiasa makan makanan siap saji atau junkfood. Sebab, jika anak terbiasa makan junkfood mulai kecil, maka kebiasaan tersebut akan susah dihilangkan sampai dia beranjak dewasa. Untuk itu, ajarkan makan makanan sehat kepada anak, misalnya sayuran dan buah-buahan.