Kelebihan dan Kekurangan Produk Bayi bila Digunakan Orang Dewasa

bedak-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada umumnya produk bayi terbuat dari formula yang ringan. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa produk bayi lebih aman dibanding produk orang dewasa pada umumnya sehingga banyak orang dewasa khususnya wanita yang memakainya, bahkan tak sedikit yang mencari manfaat cussons baby cream untuk remaja. Sebagai contohnya banyak terdapat penggunaan sampo bayi untuk dewasa hingga baby cream johnson untuk wajah dewasa. Namun, kenyataannya anggapan itu belum tentu benar karena tekstur dan struktur kulit pada bayi dan orang dewasa sangat berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Produk Bayi untuk Dewasa

Bayi belum diterpa faktor eksternal perusak kulit seperti yang dialami orang dewasa,  yang disebabkan oleh stres, polusi, atau radiasi sinar matahari, sehingga orang dewasa memerlukan produk yang bekerja lebih keras daripada yang dipakai oleh bayi.

Seiring bertambahnya usia, biasanya hormon orang dewasa juga memengaruhi perkembangan kulit dan rambut. Misalnya rambut kering atau berminyak, patah dan rontok, atau berketombe. Masalah-masalah tersebut tidak tertangani oleh produk sampo bayi, karena produk bayi hanya mengatasi masalah generik untuk bayi.

Sebelum memutuskan untuk merawat tubuh dengan produk bayi, ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut ini, seperti yang dilansir oleh Bold Sky.

Baca Juga: Meski Sudah Dikubur 8 Jam, Bayi Ini Masih Hidup

1. Krim bayi

Banyak yang masih penasaran tentang baby cream Johnson untuk wajah dewasa. Krim yang biasa digunakan untuk bayi juga bisa Anda pakai pada kulit orang dewasa. Namun, hanya sebagian kecil krim yang dapat membantu melembapkan kulit. Biasanya krim untuk mencegah kekeringan cocok diterapkan pada siku, lutut, tumit dan daerah kering lainnya. Tapi tidak disarankan untuk seluruh badan, apalagi wajah. Tidak hanya itu, manfaat Cussons Baby Cream untuk remaja juga bisa dirasakan.

Bila memiliki kulit berminyak, sebaiknya jangan menggunakan krim bayi karena sebagian besar tinggi kandungan minyaknya. Hal ini akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan komedo serta jerawat.

2. Sampo bayi

Sampo bayi dapat membuat kulit kepala lebih bersih dan lembut. Akan tetapi, sampo bayi untuk dewasa hanya cocok digunakan untuk orang-orang yang tidak biasa memakai bahan kimia berlebihan pada rambut mereka.

Sebaiknya hindari menggunakan sampo bayi jika rambut mudah berketombe. Penting diingat, sampo bayi tidak cukup baik untuk membersihkan dan melindungi rambut dari debu dan polusi udara karena formulanya yang sangat ringan.

3. Sabun mandi bayi

Sabun bayi merupakan salah satu produk bayi yang cocok dan aman digunakan segala umur. Sabun si kecil tidak mempunyai kandungan yang berat maka bagus untuk kulit. Sabun bayi dapat melembutkan dan memiliki pelembab yang baik. Selain itu, sabun bayi bisa membuat kulit lebih halus dari sebelumnya.

Baca juga: Bayi Kembar Ini Menangis Setiap Kali Dipisah

4. Baby oil

Baby oil bagus diterapkan untuk semua jenis kulit. Baby oil bisa membuat kulit dan bulu-bulu pada tubuh Anda lebih halus dan lembut. Pakai baby oil setelah Anda mandi. Selain itu, baby oil juga efektif mengangkat make-up di wajah terutama yang waterpfoof. Teteskan baby oil pada kapas, kemudian usapkan kapas tersebut pada mata, bibir juga wajah. Keringkan dengan tisu, lalu bersihkan dengan sabun muka.

 

5. Bedak bayi

Ketika Anda tidak punya waktu untuk keramas menggunakan sampo, Anda bisa menaburkan bedak bayi pada rambut berminyak agar terlihat halus, segar, dan bebas minyak. Bedak bayi juga bisa digunakan untuk riasan wajah. Agar wajah bebas minyak, cukup oleskan sedikit bedak bayi pada wajah dan leher setelah mengenakan foundation. Anda bisa menepuk sedikit sebelum menerapkan eyeshadow untuk efek yang lebih halus dan lebih tahan lama. Manfaatnya luar biasa, bukan?

6. Tisu bayi

Penggunaan terbaik tisu bayi adalah menggunakannya sebagai pembersih riasan kilat! Selain itu, tiu bayi juga bagus untuk menyeka wajah dan leher ketika Anda berkeringat karena terik matahari, yang dapat menyegarkan secara instan.

7. Moisturising wash

Ingin kulit Anda menjadi sangat halus dan lembut sepanjang hari? Pilihlah moisturising wash untuk bayi dan cobalah mengaplikasikannya. Aroma dan formulasi dari pelembap dapat membersihkan kulit Anda. Sering menggunakan moisturising wash untuk bayi karena mengandung Vitamin B5 dan paraben, pewarna dan bebas minyak mineral. Itu adalah pilihan yang sempurna untuk penggunaan sehari-hari!

9. Tabir surya bayi

Tabir surya bayi mengandung konsentrasi titanium dioksida dan seng oksida yang tinggi, ternyata juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Anda bisa menggunakannya untuk perawatan kecantikan saat beraktivitas di bawah terik matahari. Tabir surya bayi mudah dibawa, mudah diterapkan, dan efektif. Jika Anda adalah tipe orang yang suka olahraga atau bersepeda, tabir surya bayi ini adalah yang terbaik untuk Anda.

10. Baby comfort bath

Sulit untuk menyisihkan waktu untuk menghilangkan stres usai dijejali kesibukan seharian? Jangan susah mencari jauh-jauh, gunakanlah baby comfort bath saat Anda mandi atau berendam, yang bikin anda rileks. Baby comfort bath diformulasikan untuk menenangkan anak-anak kecil sebelum tidur. Baby comfort bath mengandung ekstrak oat untuk melembabkan kulit, juga mengandung aroma yang menenangkan seperti lavender, vanilla, dan aroma lainnya. Dijamin cara ini bisa merendam masalah.

11. Krim ruam popok

Selain menjaga kulit Anda tetap kenyal, krim ruam popok adalah obat yang bagus untuk kulit ekstra sensitif. Anda dapat menggunakannya saat musim dingin untuk bibir yang lembut dan halus. Sementara belum diketahui apakah baby cream untuk wajah dewasa.

12. Lotion bayi

Bosan menggunakan lotion tubuh yang terlalu berminyak atau tidak cukup terhidrasi? Lotion bayi beraroma manis dapat mengatasinya. Lotion bayi adalah salah satu pilihan terbaik yang tidak lengket dan tidak berminyak, yang bisa Anda gunakan agar kulit lembut dan halus. Selain itu, baby lotion membentuk lapisan pelindung pada kulit yang menjaganya dari iritasi dan kekeringan.