Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara mengenai kekuatan tubuh tentunya akan berbeda dari setiap orang. Ada yang memiliki kekuatan tinggi, ada juga yang kekuatannya lemah. Hal itu bisa dipengaruhi oleh bentuk tubuh serta kebiasaannya. Jadi, seseorang yang terbiasa melakukan hal berat maka dia akan memiliki kekuatan lebih besar daripada seseorang yang hanya melakukan hal ringan saja.

Tahukah Anda Kalau Tubuh Kita Ternyata Punya Kekuatan Tersembunyi?

Namun  terlepas dari itu semua, tahukah Anda bahwa ternyata di dalam tubuh setiap orang menyimpan satu kekuatan yang sungguh besar. Kekuatan itu tak pernah terbayangkan ataupun disadari sebelumnya. Kalau dipikir kembali, mungkin setiap orang tidak akan pernah percaya kalau dia memiliki kekuatan itu.

Lantas, bagaimana kekuatan itu bisa muncul?

Perlu diketahui, kekuatan tersembunyi itu sebenarnya adalah hasil reaksi alami dari tubuh. Di mana ketika tubuh sedang dalam keadaan genting akibat sesuatu, maka kekuatan itu akan muncul secara tiba-tiba. Mungkin Anda sudah pernah tahu, saat terjadi sebuah bencana atau masalah yang mengancam nyawa, maka seseorang mendadak akan jadi sangat kuat berkali kali lipat dari biasanya.

Sebenarnya, hal itu dipicu oleh kerjasama dua hormon,yakni adrenalin (epinefrin) dan noradrenalin (norepinefrin). Ketika kedua hormon tersebut berkombinasi dan bekerja sama, maka akan membentuk sebuah tenaga yang luar biasa yang fungsinya agar tubuh sangat sigap ketika sedang menghadapi suatu bahaya di depan mata.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Cara kerjanya cukup sederhana, saat tubuh merasa dirinya bahaya, maka ada sebagian hormon yang mengirimpak sinyal ke otak dan merangsang hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertugas sebagai penjaga keseimbangan stres serta relaksasi di dalam tubuh. Setelah dirangsang, maka ada sebuah kiriman kelenjar yang bisa mengaktifkan sel simpatik sehingga seseorang akan mendadak kuat.

Jadi, jangan heran jika tiba-tiba Anda merasa sangat kuat dan tangguh ketika dalam bahaya. Hal itu bukanlah sebuah yang aneh, sebab semua ada prosesnya sampai kekuatan itu benar-benar datang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi