Sakit Perut Karena Kekenyangan Setelah Buka Puasa? Lakukan Hal Ini

makan_kenyang_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Javier Garcia Sevilla

DokterSehat.Com– Banyak orang yang langsung balas dendam saat berbuka puasa. Mereka langsung makan besar dan mengonsumsi banyak air minum sehingga membuat perut kekenyangan. Yang menjadi masalah adalah, perut yang kekenyangan bisa membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman.

Jika kita sampai kekenyangan, maka perut akan terasa begah. Kita juga akan kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti duduk atau berdiri. Bahkan, dalam beberapa kasus, kita juga akan mengalami kenaikan asam lambung yang tentu akan memperparah rasa tidak nyaman pada perut.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita sampai mengalami kekenyangan setelah berbuka puasa, ada baiknya segera berdiri atau berjalan kaki dengan santai di sekitar rumah. Dengan melakukan aktivitas ringan, bukannya duduk-duduk saja, maka kita akan membantu gerak peristaltik saluran pencernaan untuk mendorong makanan yang baru kita konsumsi. Hal ini juga akan mencegah datangnya masalah asam lambung.

Kita juga sebaiknya tidak hanya bermalas-malasan saja karena kekenyangan. Jika kita melakukannya, maka proses pencernaan akan terhambat dan kita juga akan lebih rentan terkena gangguan pernapasan. Jika perlu, gantilah pakaian dengan yang jauh lebih longgar agar tubuh terasa jauh lebih nyaman.

Jika kita kekenyangan, cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat seperti teh daun mint atau air putih hangat. Minuman ini bisa membuat gas keluar dari saluran pencernaan dengan lebih cepat sehingga makanan akan lebih mudah turun dan perut tidak akan terasa begah.

Agar tak mudah mengalami kekenyangan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih berhati-hati saat berbuka puasa. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman dengan berlebihan. Selain itu, pastikan untuk memenuhi asupan serat dan cairan agar tubuh bisa kembali segar.