Kehilangan Bobot Tubuh dalam Waktu Singkat? Waspada Dampak Buruknya

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Anda mungkin akan merasa senang jika bobot tubuh Anda berkurang drastis hanya dalam waktu yang singkat. Mungkin Anda berpikir bahwa metode diet yang Anda lakukan telah berhasil. Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar.

Pasalnya, penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Walaupun efek buruk tersebut tidak langsung dirasakan, namun cepat atau lambat Anda akan merasakannya setelah program diet yang Anda jalani dihentikan. Berikut adalah beberapa dampak buruk dari penurunan berat badan secara drastis hanya dalam waktu singkat, diantaranya:

1. Kehilangan Otot

Biasanya, cara yang dilakukan untuk menurunkan berat dalam waktu yang singkat adalah diet ketat. Diet ketat tersebut biasanya dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan, bahkan tidak makan sama sekali. Akibatnya, berat badan Anda akan berkurang secara drastis. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah berat badan yang berkurang tersebut bukan karena lemak yang terbakar, melainkan otot. Sehingga, Anda akan kehilangan massa otot yang berfungsi untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Kekurangan Gizi

Mengurangi asupan kalori secara signifikan, sama halnya Anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda seperti zat besi, asam folat, vitamin D, dan vitamin B12. Ketika tubuh Anda kekurangan zat-zat tersebut, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh baik dalam jangka waktu lama maupun pendek.

3. Mudah Lelah

Kekurangan gizi seperti yang sudah dijelaskan di atas membuat tubuh Anda mulah lelah sepanjang waktu. Bahkan, jika tubuh terus dibiarkan dalam kondisi kekurangan nutrisi, maka dapat menyebabkan anemia.

4. Memperlambat Metabolisme

Sistem metabolisme yang berjalan lambat dapat mempengaruhi proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Sebab, semakin lambat proses metabolisme tubuh, maka semakin sedikit pula lemak dan kalori yang terbakar. Kondisi ini akan terjadi ketika Anda mengalami penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat. Sehingga, saat Anda berhenti diet, Anda akan mengalami kenaikan berat badan berkali lipat daripada sebelumnya.